get app
inews
Aa Read Next : Tragedi Super Tucano di Gunung Bromo, TNI AU Sebut Tiga Jenazah Ditemukan, Satu dalam Pencarian

Kawah Gunung Bromo Keluarkan Asap Kelabu, PVMBG Minta Warga Waspada Erupsi

Rabu, 13 Desember 2023 | 19:28 WIB
header img
PVMBG meminta warga di sekitar Gunung Bromo untuk mewaspadai peningkatan aktivitas di kawah pusat, Rabu (13/12/2023)
  • Berdasarkan hasil evaluasi secara menyeluruh maka tingkat aktivitas Gunung Bromo pada tanggal 13 Desember 2023 pukul 08.00 WIB masih pada Level II (Waspada) dengan rekomendasi yang disesuaikan dengan potensi ancaman bahaya terkini, sebagai berikut:
    -    Masyarakat di sekitar G. Bromo dan pengujung/wisatawan/pendaki tidak memasuki areal kawah dalam radius 1 km dari kawah aktif G. Bromo.
    -    Masyarakat di sekitar G. Bromo, pedagang, wisatawan, pendaki, dan pengelola wisata G. Bromo agar mewaspadai terjadinya letusan freatik yang bersifat tiba - tiba dan tanpa didahului oleh gejala-gejala vulkanik yang signifikan.
    -    Pemerintah Daerah, BPBD di Kabupaten senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan G. Bromo di Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (022) 7272606 di Bandung (Provinsi Jawa Barat).
    -    Masyarakat dapat memantau Informasi perkembangan aktivitas vulkanik G. Bromo dan gunungapi lainnya di Indonesia melalui aplikasi Magma Indonesia atau pada website magma.esdm.go.id
  • Tingkat aktivitas G. Bromo dapat dievaluasi kembali jika terdapat perubahan aktivitas secara visual dan instrumental yang signifikan
  • Editor : Arif Handono

    Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
    iNews.id
    iNews Network
    Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut