get app
inews
Aa Read Next : Salah Orang! Warga Dikirimi Surat E-Tilang tapi Foto Orang Lain dan Motornya

BLT El Nino Terus Disalurkan, Pos Indonesia Bagikan untuk 250 KPM di Malang

Jum'at, 15 Desember 2023 | 18:50 WIB
header img
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melihat langsung pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino yang disalurkan, melalui Pos Indonesia dnegan membagikan bantuan ini kepada 250 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Malang. Foto: Ist

MALANG, iNewsMalang.id - Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino terus disalurkan, dengan Pos Indonesia membagikan bantuan ini kepada 250 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Malang.

Pemerintah cepat bertindak dalam menyalurkan bantuan BLT El Nino untuk periode November-Desember 2023. Setelah meluncurkan bantuan perdana di Pekalongan pada 13 Desember 2023, pemerintah melanjutkan penyaluran di Kota Malang, Jawa Timur, sehari setelahnya.

Penyaluran BLT El Nino kali ini melibatkan PT Pos Indonesia (Persero) sebagai kanal distribusi utama. Di Malang, Pos Indonesia menyalurkan bantuan tersebut melalui Kantorpos Malang pada 14 Desember 2023.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan tujuan dari program BLT El Nino. Ia menyatakan bahwa bantuan ini diberikan untuk mendukung daya beli masyarakat yang terdampak kenaikan harga akibat perubahan iklim.

Bantuan BLT El Nino diberikan kepada KPM untuk periode November-Desember 2023 dengan nilai Rp200 ribu per bulan. Pemerintah membagikan bantuan tersebut secara bersamaan pada bulan Desember 2023, sehingga total yang diterima oleh masyarakat adalah Rp400 ribu.

Pada acara tersebut, para penerima manfaat juga merupakan penerima bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP). Presiden menyampaikan bahwa bantuan pangan CBP akan diteruskan hingga Maret 2024.

Presiden juga menjanjikan perpanjangan bantuan pangan CBP jika anggaran negara memungkinkan. Dia menegaskan hal ini kepada masyarakat.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Pj. Wali Kota Malang Wahyu Hidayat turut mendampingi Presiden dalam acara tersebut.

Sementara itu, Plt Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial RI, Robben Rico, menyatakan bahwa bantuan BLT El Nino disalurkan kepada 250 KPM di Malang yang telah memenuhi kriteria. Bantuan ini diberikan kepada warga yang terdampak kenaikan harga sembako, terutama beras, bukan untuk daerah rawan bencana.

Pos Indonesia menyatakan optimisme mereka dalam menyelesaikan penyaluran BLT El Nino sebelum akhir tahun 2023. Direktur Bisnis Jasa Keuangan Pos Indonesia, Haris, menegaskan bahwa pelayanan yang diberikan akan menjadi yang terbaik dan Pos Indonesia optimistis dalam menyelesaikan penyaluran bantuan ini tepat waktu.

Pada saat bersamaan, Direktur Bisnis Jasa Keuangan Pos Indonesia Haris mengungkapkan perkembangan perseroan dalam menyalurkan bantuan ini. Ia memastikan Pos Indonesia melakukan pelayanan terbaik dalam penyaluran ini.

"Penyaluran kali ini masih dengan metode yang sama, dan kita belajar dari penyaluran-penyaluran sebelumnya. Untuk update terkait bantuan juga pasti ter-update di dashboard Kemensos," kata Haris.

Haris juga bangga Pos Indonesia telah mendapat kepercayaan kembali dari pemerintah untuk menyalurkan bantuan, termasuk bantuan BLT El Nino ini. Ia percaya kesempatan ini kembali didapat ini tak lepas dari kinerja positif serta pengalaman Pos dalam menyalurkan bantuan-bantuan pemerintah lainnya.

"Pos Indonesia dipercayai kembali memang sudah tepat karena kita unggul dan sudah berpengalaman untuk pengiriman dan penyaluran, banyak Kantorpos di daerah-daerah dan masyarakat sudah enggak asing dengan Kantorpos," tutur Haris.

"Kami optimistis penyaluran BLT El Nino ini bisa diselesaikan sebelum akhir Desember 2023," katanya.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut