get app
inews
Aa Read Next : Kenangan Haru Biru Anies Baswedan pada Putrinya yang Kini Nikah, Dilantunkan Sebuah Lagu Menyentuh

Rusia Gagal Taklukkan Ukraina dalam Hitungan Hari, Ini Rahasianya

Sabtu, 05 Maret 2022 | 14:21 WIB
header img
Rusia Serang Ukraina (Poto Reuters)

WASHINGTON, iNewsMalang.id - Ukraina relatif masih bisa bertahan dari serangan Rusia hingga hari ini sejak invasi bermula pada 24 Februari lalu. Kondisi ini sangat mengejutkan, padahal para pakar memperkirakan Rusia tak akan butuh waktu lama untuk menyelesaikan operasi militer khusus di Ukraina. Hingga hari ke-9 serangan, Jumat (4/3/2022), Rusia baru merebut satu kota besar yang juga ibu kota provinsi yakni Kherson serta beberapa kota kecil. Upaya untuk merebut Ibu Kota Kiev, apalagi menggulingkan pemerintahan Presiden Volodymyr Zelensky, belum berhasil.

Lantas apa yang membuat Rusia begitu sulit mengalahkan Ukraina yang di atas kertas memiliki kekuatan militer jauh di bawah? Beberapa fakta menunjukkan pasukan Ukraina melakukan banyak cara untuk menghambat pergerakan pasukan darat sembari mengganggu kekuatan udara Rusia.

Mereka meledakkan jembatan untuk menghentikan pergerakan pasukan Rusia, sementara pilot dan senjata sistem pertahanan mencegat jet-jet tempur dan helikopter Rusia untuk menguasai langit Ukraina. Selain itu sekelompok ahli teknologi melakukan serangan siber dalam perang informasi, menginspirasi dukungan di dalam dan luar negeri.

Selain itu pada analis militer mengungkapkan keterkejutan, pasukan Ukraina memberikan perlawanan lebih keras dari yang diperkirakan, baik di atas maupun bawah garis pertempuran di seluruh penjuru.  Mereka menggunakan berbagai cara dan kreativitas yang menurut para analis militer Amerika Serikat (AS) efektif memberikan perlawanan terhadap musuh. Dalam satu kasus, Ukraina mencabut tanda penunjuk jalan membuat tentara Rusia kebingungan dalam menentukan arah.

Bahkan berbagai cara yang mereka pakai dalam melawan Rusia diyakini sanggup bertahan sampai berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan mendatang. Pasukan Ukraina juga memanfaatkan kecerobohan tentara Rusia yang melakukan serangan habis-habisan dan membabi buta sejak awal. Mereka dipersenjatai rudal antitank yang ditembakkan dari bahu, menyerang konvoi kendaraan lapis baja Rusia sepanjang 1 kilometer di dekat Kiev.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut