get app
inews
Aa Read Next : Ade Armando Babak Belur Dihajar Massa, Kapolda: Pelaku Bukan Kelompok Mahasiswa

Tersandera Sanksi Barat, Turis Rusia Jatuh Melarat

Sabtu, 19 Maret 2022 | 11:46 WIB
header img
Turis Rusia

 

Nasib sial dialami banyak warga negara Rusia yang tengah berada di luar Tanah Airnya. Sanksi ekonomi yang diterapkan Barat ke Rusia membuat mereka tak bisa mengakses hartanya.

Ketika turis Rusia Konstantin Ivanov mencoba menarik uang dari rekening banknya di mesin ATM di Bali, Indonesia, transaksinya diblokir. Sanksi Barat terhadap bank-bank Rusia mulai dirasakan dampaknya oleh warga Rusia di luar negeri.

Kini, warga Rusia di berbagai negara harus berjuang mencari uang tunai atau beralih ke transaksi kripto untuk tetap bertahan hidup.

"Ini telah menciptakan masalah besar bagi kami. Kami benar-benar kehilangan keuangan kami, seperti mereka telah benar-benar dibekukan dan kami tidak dapat menggunakannya sama sekali di sini," ungkap Ivanov (27) pada Reuters, Kamis (10/3/2022). Agar bisa bertahan, dia mengungkap kemungkinan untuk mencari pekerjaan di Indonesia.

Bali adalah tujuan liburan populer bagi ribuan turis Rusia yang berbondong-bondong ke pulau itu sebelum pandemi Covid-19. Turis Rusia juga termasuk yang pertama datang ke Bali ketika perbatasan dibuka kembali sebagian tahun lalu. Sekitar 1.150 warga Rusia masuk ke Indonesia pada Januari 2022.

Rifki Saldi Yanto, manajer kafe lokal, mengatakan dia telah melihat penurunan pelanggan dari Rusia dalam beberapa hari terakhir dan banyak dari mereka sekarang membayar dengan uang tunai daripada kartu kredit.

Tak hanya itu, lebih dari 7.000 orang Rusia terdampar di Thailand, tujuan pantai populer lainnya karena pembatalan penerbangan, mata uang rubel jatuh bebas, dan masalah pembayaran yang diblokir.

 

Ekonomi Rusia menghadapi krisis paling parah sejak jatuhnya Uni Soviet tahun 1991, setelah negara-negara Barat bergerak dalam beberapa hari terakhir untuk mengisolasinya dari sistem keuangan global.

Sistem pembayaran internasional SWIFT telah memutus beberapa bank Rusia dari jaringannya, sementara Visa dan Mastercard menyatakan memblokir penggunaan luar negeri dari kartu mereka yang dikeluarkan oleh bank Rusia mulai 9 Maret.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut