Tips Ampuh Atasi Bau Mulut Menyengat saat Menjalani Ibadah Puasa, Simak Sampai Tuntas

Dewi Anggriani Siregar/HighEnd
.
Sabtu, 09 April 2022 | 16:38 WIB
Selain kulit, bau mulut menjadi salah satu permasalahan yang kerap kali dialami banyak orang saat menjalankan ibadah puasa. (Foto: HighEnd)

BAU MULUT saat berpuasa terasa menyengat.  Bau mulut puasa ini diakibatkan minimnya produksi air liur akibat kita tidak makan dan minum seharian. Bau mulut ini tentu menjadi masalah tersendiri yang menurunkan tingkat percaya diri ketika berbicara atau berinteraksi dengan orang lain. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bau mulut ketika Anda sedang menjalankan ibadah puasa. Simak tips yang dilansir HighEnd berikut ini. 

Banyak Konsumsi Air Putih

Saat puasa, pastikan Anda mengonsumsi banyak air putih di saat sahur dan berbuka. Air putih dapat membantu produksi air liur agar stabil dan mencegah perkembangan bakteri di air liur yang menyebabkan bau mulut.

Gosok Gigi dan Lidah

Gigi dan lidah merupakan tempat berkembang biak-nya bakteri. Menggosok gigi dan lidah Anda secara teratur data membantu mengurangi bau mulut saat puasa.

Berkumur

Berkumur dengan air saja tidak cukup untuk membantu menghilangkan bau mulut Anda. Anda bisa mencoba untuk berkumur dengan menggunakan mouthwash untuk membunuh bakteri di mulut.

Hindari Mengonsumsi Makanan Berbau Tajam

Anda sebaiknya menghindari konsumsi makanan dan minuman yang memiliki bau menyengat saat sahur ataupun berbuka. Makanan dan minuman yang menyengat dapat meninggalkan bau tidak sedap di mulut sebab minimnya produksi air liur.

Berhenti Merokok

Tidak dapat dipungkiri bahwa merokok merupakan salah satu penyebab timbulnya bau mulut baik dalam menjalankan ibadah puasa atau tidak. Rokok mengandung tembakau yang memicu timbulnya bau tidak sedap. Rokok juga bisa menyebabkan produksi air liur berkurang dan meningkatkan risiko peradangan pada gusi.iNews Malang

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News

Bagikan Artikel Ini