get app
inews
Aa Read Next : Tim Salaf Laporkan Perusakan APK, Diduga Ada Keterlibatan Mantan Pejabat Publik

Survei SeMART POLITICA: Paslon Sanusi-Lathifah Raih 50,7% Dukungan Pemilih Militan

Rabu, 09 Oktober 2024 | 17:33 WIB
header img
Founder SeMART POLITICA, Dito Arief Nurakhmadi, merilis hasil survei Pilkada Kabupaten Malang. (Foto: Ron ron/iNews.id)

KABUPATEN MALANG, iNews.id - Lembaga survei SeMART POLITICA mengungkapkan hasil survei terbaru yang menunjukkan pasangan calon Sanusi-Lathifah (SALAF) unggul signifikan dengan dukungan pemilih militan mencapai 50,7% menjelang Pilkada Kabupaten Malang 2024. Angka ini mencolok dibandingkan rivalnya, Gunawan HS-dr Umar Usman, yang memperoleh 12,5%.

 

Survei berlangsung dari 28 September hingga 4 Oktober 2024, melibatkan 440 responden melalui wawancara tatap muka oleh pewawancara terlatih. Target responden adalah warga Kabupaten Malang berusia 17 tahun ke atas atau yang telah menikah, dengan margin error sekitar 4,8%.

 

Founder SeMART POLITICA, Dito Arief Nurakhmadi, mengungkapkan, "Dari hasil survei kami, Sanusi-Lathifah memiliki dukungan pemilih militan tertinggi, sebesar 50,7%," terang Dito.

 

Dito menambahkan, loyalitas pemilih militan ini sulit dipengaruhi, membuat posisi Sanusi-Lathifah semakin kuat dengan waktu pencoblosan yang semakin dekat. "Angka 50,7% adalah pencapaian tinggi, terutama dibandingkan rivalnya," tambahnya.

 

Tingkat popularitas Sanusi dan Lathifah juga menunjukkan hasil positif, dengan elektabilitas Sanusi di angka 66,1% dan Lathifah 51,1%. Pada survei tertutup, pasangan ini mendapatkan dukungan 67,0%.

 

"Kalau di posisi survei tatap muka secara tertutup pasangan Sanusi-Lathifah 67,0 persen. Tertutup dalam artian pertanyaan langsung kepada tokoh atau calon," tegasnya.

 

Sementara berdasarkan segmentasi pemilih berdasarkan jenis kelamin bisa diketahui, jumlah pemilih laki-laki kepada pasangan Sanusi-Lathifah sebanyak 59,8 persen.

 

Sedangkan pemilih laki-laki memberikan dukungan kepada Gunawan HS-dr Umar Usman sebanyak 21,0 persen.

 

"Untuk pemilih wanita kepada pasangan Sanusi-Lathifah sebanyak 74,2 persen, dan pemilih perempuan kepada Gunawan HS-dr Umar Usman 12,7 persen," pungkasnya.

 

Editor : Saif Hajarani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut