get app
inews
Aa Read Next : Berikut Jadwal Waktu Shalat dan Buka Puasa Wilayah Malang, Selasa 5 April 2022

Pahala Shalat Tarawih dan Keutamaanya di Bulan Ramadan

Rabu, 06 April 2022 | 12:39 WIB
header img
Ada pahala dan keutamaan shalat tarawih, jangan lewatkan (Foto:sindonews.com/Samsul)

iNewsMalang.idShalat tarawih hanya ada di bulan yang penuh berkah ini, betapa sayangnya jika kita melewatkan shalat ini karena kesibukan. Banyak keutamaan dan keistimewaan dari shalat tarawih yang mungkin jarang diketahui banyak orang.


Shalat tarawih termasuk qiyamul lail atau shalat di waktu malam. Shalat Tarawih hukumnya sunnah muakad yaitu sunah yang sangat dianjurkan. Dalam mengerjakan shalat tarawih boleh dilakukan sendiri namun lebih afdal menurut mayoritas ulama dilakukan secara berjamaah. Shalat ini dianjurkan bagi muslim laki-laki maupun perempuan. Rakaatnya pun boleh dilakukan sebanyak 11 atau 23 rakaat.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut keutamaan shalat tarawih ini:

1. Diampuni dosa-dosa yang lalu

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa melakukan qiyam Ramadan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari).

Yang dimaksud qiyam Ramadan adalah shalat tarawih sebagaimana yang dituturkan oleh An Nawawi. Hadits ini memberitahukan bahwa shalat tarawih bisa menggugurkan dosa dengan syarat karena iman yaitu membenarkan pahala yang dijanjikan oleh Allah dan mencari pahala dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala, bukan karena riya’ atau alasan lainnya.

2. Meningkatkan Ketakwaan dan Mendekatkan Diri pada Allah

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh ampunan dan berkah

3. Setara dengan Qiyamul lail jika berjamaah

Dapat dikerjakan secara berjamaah baik di masjid atau di rumah sendiri.Sementara itu, Shalat yang dikerjakan secara berjamaah disebut akan mendatangkan pahala yang setara dengan amalan semalam penuh.

Sebagaimana Sabda Rasul SAW: "Siapa saja yang shalat tarawih berjamaah bersama imam sampai selesai maka untuknya itu dicatat seperti shalat semalam suntuk," (HR. Tirmidzi). iNews Malang 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut