get app
inews
Aa Read Next : Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat T Simanjuntak Dimiskinkan, Bayar Denda Rp39,5 M, atau Penjara 4 Tahun

BLT Minyak Goreng Bulan ini, Berikut Daftar Program Bansos Juni 2022

Sabtu, 04 Juni 2022 | 20:46 WIB
header img
Salah satu daftar program bansos di bulan Juni 2022 adalah BLT Minyak Goreng (Foto: Pexels)

JAKARTA, iNewsMalang.id - Anggaran bansos yang bertambah hingga mencapai sekitar Rp18,6 triliun mendasari pemerintah membuat Daftar program bansos di bulan Juni 2022. Anggaran bansos tertinggi dipasang di sejumlah program, seperti kartu sembako sebesar Rp45,1 triliun serta PBI JKN sebesar Rp46,5 triliun.

Bantuan masih diberikan pasca peregangan masa PPKM pandemi, di mana wabah korona menerpa seluruh aspek sosial terutama roda perekonomian. Beberapa bantuan sosial (bansos) disalurkan melalui Kementerian Sosial (Kemensos) pada Juni 2022.

Program bansos yang dijalankan diantaranya ada Program Keluarga Harapan (PKH) tahap II 2022 dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahap Juni 2022. Secara umum, masyarakat bisa melakukan pendaftaran secara online untuk mendapatkan bansos yang masih disalurkan hingga Juni 2022.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Cek Bansos Kemensos yang dapat diunduh melalui Play Store di smartphone kamu dengan syarat NIK yang telah terdaftar di Disdukcapil.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Sabtu (4/6/2022) telah merangkum daftar program bansos di Juni 2022, sebagai berikut.

Daftar Program Bansos di Juni 2022

1. Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW)

Bantuan yang dikhususkan bagi para pedagang kaki lima dan warung ini diberikan pemerintah sejumlah Rp 300 ribu per orang untuk sekitar 2,76 juta orang penerima. Dengan pembagian, 1 juta PKLW dan 1,76 juta untuk nelayan. Bantuan ini mulai disalurkan oleh pemerintah berkoordinasi dengan TNI/Polri sejak April 2022.

2. Bantuan Langsung Tunai (BLT)

Bantuan Langsung Tunai (BLT) juga disiapkan pemerintah sejumlah Rp 1 juta dan rencananya akan dicairkan pemerintah pada Juni 2022. Pemerintah juga telah mempersiapkan dana anggaran sebesar Rp8,8 triliun yang akan disalurkan kepada 8,8 juta pekerja yang memiliki penghasilan di bawah Rp3,5 juta per bulan.

3. Program Keluarga Harapan (PKH)

PKH juga merupakan salah satu bantuan reguler dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang disalurkan tahap kedua pada Juni 2022. PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

PKH disalurkan setiap tiga bulan sekali dalam empat tahap, yakni pada Januari, April, Juli dan Oktober. Penyaluran PKH bisa melalui bank anggota Himpunan Bank Negara (HIMBARA) yakni BNI, BRI, Bank Mandiri dan BTN. Nominal bantuan yang diterima setiap penerima PKH berbeda-beda, tergantung kriterianya.

4. BLT UMKM

Pemerintah juga menyalurkan BLT untuk pelaku UMKM. Pelaku UMKM akan mendapat bantuan sebesar Rp600 ribu. Bantuan akan disalurkan sekitar 12,8 juta pelaku UMK di seluruh Indonesia. Pencarian dana juga akan dilakukan secara bertahap.

5. BLT Minyak Goreng

Pemerintah juga menyalurkan BLT minyak goreng sejumlah Rp300 ribu. Bantuan ini untuk membantu masyarakat meringankan beban di tengah naik turunnya harga minyak goreng. Kementerian Sosial mengumumkan penyaluran BLT minyak goreng dilakukan bulan per bulan April 2022. Penyaluran untuk BLT minyak goreng disebut dilakukan melalui PT Pos Indonesia.

Target penerimanya juga akan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama yang termasuk dalam daftar BPNT dan PKH. Kelompok ini tanggung jawab Kementerian Sosial, dimana alokasi anggaran senilai Rp6,2 triliun untuk menyasar 20,65 juta orang.

6. Bantuan Subsidi Upah (BSU)

Sebagai catatan, dalam program ini karyawan dengan berpenghasilan di bawah Rp3,5 juta per bulan yang aktif sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan akan menerima BSU sebesar Rp1 juta.

7. Bantuan Modal Kerja

Besaran bantuan modal kerja dari pemerintah 2022 mencapai Rp1,2 juta per orang. Bantuan modal kerja ini akan diberikan kepada pedagang, khususnya untuk warga yang mengalami kesulitan ekonomi selama pandemi Covid-19 serta menghadapi harga sejumlah bahan kebutuhan pokok yang sangat tinggi.

8. BLT Dana Desa

BLT Dana Desa dari pemerintah dianggarkan maksimal 35 persen dari dana desa atau lebih dari 35 persen dana desa dengan persetujuan pemerintah kabupaten/kota. BLT Dana Desa akan ditujukan kepada keluarga miskin di desa yang bukan penerima PKH, Kartu Sembako dan Kartu Prakerja. Besaran dari BLT Dana Desa adalah sekitar Rp300 ribu per bulan untuk 12 bulan.

9. Bantuan Kartu Prakerja

Program kartu prakerja di Indonesia sudah sampai gelombang 31. Untuk yang sudah memiliki akun di situs resmi prakerja.go.id, hanya perlu klik 'Gabung' di bagian dashboard. Sedangkan bagi yang belum, wajib membuat akun terlebih dahulu di situs prakerja.go.id.

Setelah mengikuti seleksi dan dinyatakan lolos, pendaftar akan mendapatkan bantuan sebesar total Rp3.550.000. Dengan rincian, dana bantuan sebesar Rp 1 juta dipakai untuk membeli pelatihan yang akan diikuti. Pendaftar juga wajib mengisi survei evaluasi dan akan mendapatkan dana Rp150 ribu untuk tiga kali survei.

Kemudian dana insentif setelah pelatihan sebesar Rp2,4 juta yang akan diberikan sebesar Rp600 ribu selama 4 bulan. Bantuan insentif akan diberikan setelah peserta selesai melakukan pelatihan dan mengisi survei. iNews Malang

 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut