Seperti Saat Jadi Mahasiswa Pecinta Alam, Hari ini Jokowi Berkemah di IKN

Riezky Maulana
Presiden Jokowi Berkemah di Titik 0 IKN Nusantara

JAKARTA – iNewsMalang.id Seperti yang telah dijadwalkan jauh hari, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkemah di titik 0 Ibu Kota Nusantara (IKN) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Dia akan berkemah mulai hari ini, Minggu 13 Maret hingga Selasa 15 Maret 2022.

Kegiatan Presiden selama berkemah akan diisi dengan berbagai ritual adat. Salah satunya, ritual Kendi Nusantara bersama 33 gubernur se-Indonesia.

Para gubernur yang hadir diminta untuk membawa air dan tanah dari masing-masing daerahnya berasal. Air dan tanah tersebut lantas disatukan dalam sebuah kendi.

"Ada ritual masing-masing gubernur membawa satu liter air yang berasal dari daerah masing-masing. Di mana, air tersebut nantinya akan dimasukkan dalam satu wadah yang sudah dipersiapkan panitia," kata Gubernur Kaltim Isran Noor, dikutip dari Instagram resmi Pemprov Kaltim, Minggu (13/3/2022).

Tak hanya itu, Kepala Negara dan seluruh gubernur yang diundang akan mengenakan pakaian adat dari daerahnya masing-masing.

"Karena ini ibu kota negara Nusantara, maka tamu (gubernur) akan memakai pakaian adat nusantara dari masing-masing provinsi," ujarnya.

Ditambahkan Isran, dari 33 Gubernur yang diundang, hanya lima gubernur di Pulau Kalimantan yang ikut menginap bersama Presiden Jokowi.

"Rencananya gubernur yang akan menginap berkemah bersama presiden hanya lima gubernur, yaitu Kaltim, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara," ucapnya.

Dia memastikan sarana dan prasarana yang dipersiapkan sudah siap 100 persen. Mulai jaringan listrik, telekomunikasi hingga tenda dan perlengkapan lain yang akan dipakai presiden menginap.

"Alhamdulillah, persiapannyan sudah sudah dikerjakan, dan pada hari H nya nanti sudah 100 persen dan kemahnya sudah dapat dipergunakan presiden beserta rombongan," ujarnya.

Editor : Arif Handono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network