Logo Network
Network

Waduh! Peluang Timnas Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023 Tuai Kritik Pedas Media Vietnam

Ramdani Bur, Jurnalis
.
Selasa, 19 Juli 2022 | 08:10 WIB
Waduh! Peluang Timnas Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023 Tuai Kritik Pedas Media Vietnam
Media Vietnam beri kritik pedas kala Timnas Indonesia dapat peluang jadi tuan rumah Piala Asia 2023 (Foto: PSSI)

iNewsMalang.id - Timnas Indonesia dapat peluang jadi tuan rumah Piala Asia 2023. Namun sebuah media Vietnam Soha.vn, memberikan tanggapan yang menohok. Soha menyebut jika Timnas Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, Timnas Vietnam menjadi salah satu negara yang dirugikan.

Senin, 18 Juli 2022, Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) mengumumkan empat negara yang mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023 yang digelar pada 16 Juni hingga 16 Juli 2023. Mereka ialah Indonesia, Korea Selatan, Australia dan Qatar.

Stadion Manahan Solo

Stadion Manahan Solo, kemungkinan menjadi salah satu venue jika Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Piala Asia 2023

Keempat negara ini diminta AFC untuk melengkapi dokumen bidding tuan rumah hingga akhir Agustus 2022. Setelah itu, AFC akan melakukan review dokumen tersebut dan mengumumkan siapa tuan rumah Piala Asia 2023 pada 17 Oktober 2022.

Jika Timnas Indonesia menjadi tuan rumah, skuad Garuda untung besar. Selain bakal tampil di hadapan suporter sendiri, Timnas Indonesia otomatis naik ke pot 1 atau unggulan.

Berhubung gabung pot 1, Timnas Indonesia otomatis takkan satu grup dengan tim-tim mapan seperti Jepang, Korea Selatan, Iran dan Australia. Naiknya Indonesia ke pot 1 praktis merugikan Vietnam.

Awalnya, AFC menjamin 12 negara yang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, bakal ditempatkan di pot 1 dan 2 drawing Piala Asia 2023. Namun, tim yang menempati peringkat FIFA terendah dari 12 negara tersebut, berpotensi turun ke pot 3.

Hal itu terjadi jika Timnas Indonesia naik ke pot 1. Karena itu, berhubung Vietnam (bersama Lebanon) memiliki ranking FIFA terendah ketimbang 12 negara tersebut, mereka harus rela turun ke pot 3.

Timnas Indonesia

Timnas Indonesia bisa naik ke pot 1 drawing Piala Asia 2023

Berada di pot 3 membuat Vietnam satu grup dengan tim-tim kuat di pot 2. Sebut saja Uni Emirat Arab, Irak, Oman, China dan Suriah. Padahal, jika Vietnam tetap berada di pot 2, mereka bakal terhindar dari tim-tim di atas.

“Jika Indonesia menjadi tuan rumah, Vietnam akan kesulitan. Sebab, Indonesia bakal naik ke pot 1 dan tim lain harus menggantikan posisi mereka,” tulis Soha.

“Andai Indonesia masuk pot 1, akan ada satu negara yang mengalami penurunan posisi. Negara yang dimaksud adalah Vietnam. Dengan demikian, Vietnam akan turun ke pot 3 dan harus bertemu lawan kuat dari pot 2 seperti UEA, Irak atau Oman, selain China dan Suriah,” tutup Soha. iNews Malang

 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News

Bagikan Artikel Ini