Nyinyir, Timnas U-20 Indonesia Disebut Lebay oleh Media Vietnam Gegara Rayakan Lolos ke Piala Asia

Cikal Bintang Raissatria
.
Senin, 19 September 2022 | 22:38 WIB
Timnas Indonesia rayakan kemenangannya lolos piala Asia U-20 2023 lawan Vietnam di Stadion GBT (Foto: Antara)

SURABAYA, iNewsMalang.id - Selebrasi meriah Timnas Indonesia U-20 beserta para penggemarnya setelah lolos ke Piala Asia U-20 2023, dikecam Media Vietnam, The Thao 247. Media tersebut menyebut, selebrasi meriah ini tercipta karena Indonesia berlebihan alias lebay merayakan keberhasilan timnas sepak bola muda.

Diketahui, Timnas Indonesia U-20 berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2 di pertandingan terakhir fase grup Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Pertandingan tersebut dilangsungkan di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022). Baca Juga: Timnas Indonesia Lolos Piala Asia U-20 usai Hancurkan Vietnam Tiga gol Garuda Muda dilesakkan oleh Marselino Ferdinan (60’), Muhammad Ferarri (82’), dan Rabbani Tasnim (85’).

Sedangkan, dua gol balasan Vietnam U-19 tercipta lewat bunuh diri Ferarri (66’), dan Xuan Tien (79’). Selepas pertandingan, Timnas Indonesia U-20 dan penggemar meluapkan rasa emosional karena berhasil mendapatkan tiket langsung ke Piala Asia U-20 2023.

Namun begitu, selebrasi meriah ini ternyata mendapatkan sorotan dari The Thao 247. Media Vietnam itu mengklaim selebrasi meriah yang dilakukan dikarenakan berhasil mengalahkan ketakutan terbesar mereka, Timnas Vietnam. The Thao 247 pun menegaskan, Timnas Indonesia tak bisa berselebrasi seperti ini lagi jika bertemu Vietnam di Piala AFF 2022.

"Shin Tae-yong tak bisa menyembunyikan rasa bangganya saat mengalahkan Vietnam U-19 dan terus-menerus memuji murid-muridnya dalam konferensi pers usai pertandingan. Selain itu, meski ini hanya kemenangan tim muda. Media dan juga fans Indonesia sangat heboh,” tulis The Thao 247, dikutip pada Senin (19/9/2022).

“Hal-hal ini semakin membuktikan bahwa ketakutan tak kasat mata terhadap sepak bola Indonesia di hadapan sepa kbola Vietnam selama ini adalah nyata,” sambung tulisan tersebut. “Setelah pertandingan tadi malam, bisa dikatakan seluruh negeri Indonesia lega, meledak ketika ketakutan terbesar mereka dikalahkan untuk pertama kalinya.

Namun ingat, ini hanya pertandingan muda dan nama Vietnam masih akan menghantui mereka jika di Piala AFF (2022) mendatang, Indonesia tidak bisa mengalahkan Vietnam jika kedua tim bertemu,” klaim The Thao 247 secara tegas.

Selebrasi meriah saat merayakan keberhasilan Timnas Indonesia U-20 sebetulnya bukan tanpa alasan. Kemenangan ini sekaligus ajang menuntaskan dendam Merah Putih atas Vietnam yang kerap mendominasi rekor pertemuan.

Kemenangan ini juga menandai kemenangan perdana Shin Tae-yong atas Vietnam sejak menukangi Indonesia. Sebelumnya Shin dan Timnas Indonesia sudah empat kali bertemu dengan skuad berjuluk The Golden Star.

Pertemuan pertama terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Uni Emirat Arab pada pertengahan 2021. Timnas Indonesia yang baru pertama kali ditangani Shin menelan kekalahan 0-4. Sementara pertemuan kedua juga terjadi di level senior, tepatnya pada Piala AFF 2020 akhir tahun lalu. Ketika itu skor imbang 0-0.

Pertemuan ketiga terjadi pada SEA Games 2021. Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Vietnam 0-3 pada fase grup. Duel lanjutan Indonesia vs Vietnam selanjutnya terjadi di Piala AFF U-19. Dalam laga babak grup, tim Merah Putih bermain imbang tanpa gol.
 

 

Editor : Arif Handono
Bagikan Artikel Ini