Logo Network
Network

Suka Menggoda dan Menghina Jadi Salah Satu Ciri Teman Toxic, Apa Ciri-Ciri Lainnya?

Raden Yusuf Nayamenggala
.
Selasa, 20 Desember 2022 | 14:24 WIB
Suka Menggoda dan Menghina Jadi Salah Satu Ciri Teman Toxic, Apa Ciri-Ciri Lainnya?
Ketahui beberapa ciri teman toxic (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsMalang.id - Dalam pergaulan perlu diketahui ciri-ciri teman toxic. Pasalnya, orang ini bukan saja merugikan kita, juga orang lain yang ada di sekitar.

Selain itu, teman yang 'toxic' kemungkinan akan membuat kamu pesimistis, menyakitimu, dan bertindak manipulatif dalam hubungan pertemanan. Namun, terkadang banyak orang yang tak menyadari perilaku teman toxic.

Karena itu, kamu perlu mengetahui bahwa kamu berada dalam lingkaran pertemanan 'toxic'. 

Dilansir Choosingtherapy, Selasa (20/12/2022), berikut ini empat ciri-ciri pertemanan toxic.

1. Sering Menggoda dan Menghina

Teman yang baik adalah teman yang selalu support. Selain itu, teman yang toxic biasanya meluncurkan lelucon yang berunsur penghinaan dan berbahaya. Karena kamu seharusnya tidak merasa terus-menerus dihina dalam persahabatan.

Apabila ada yang menghina kamu, beritahu dia bahwa itu menyakiti perasaanmu. Teman sejati akan meminta maaf dan menghentikan perilakunya. Tapi, seorang teman yang toxic, kemungkinan akan menuduh kamu sensitif, dan bersikeras bahwa kamu berlaku berlebihan serta terus menekankan bahwa itu hanya sebuah lelucon.

2. Sering Menekan untuk Melakukan Hal yang Tidak Kamu Inginkan

Banyak orang yang menyerah pada tekanan, hingga akhirnya terpaksa menerima dan menyesuaikan diri dengan orang lain. Teman yang toxic kerap berkembang dengan mempengaruhi orang lain untuk merendahkan diri ke level mereka.

Contohnya, ketika mereka kesulitan untuk minum, mereka mungkin memaksa kamu untuk memesan lebih banyak minuman saat Happy Hour.

3. Tidak Menghormati Batasan

Batasan bisa menjadi tantangan dalam hubungan apapun, tapi teman yang suportif akan bekerja keras untuk memahami dan menghormati batasan kamu. Lain halnya dengan teman toxic, yang sering percaya bahwa mereka bisa dibebaskan dari batasan kamu, khususnya ketika mereka membutuhkan dukunganmu.

Akibatnya, kamu mungkin merasa ada konflik tentang menetapkan batasan. Kamu mungkin seperti orang jahat karena membuat aturan seperti itu dan mungkin merasa frustasi dengan diri sendiri saat kamu tak bisa melaksanakan niatmu.

4. Cemburu pada Teman Kamu yang Lain

Teman yang toxic akan merasa cemburu dan frustasi dengan orang lain yang dekat dengan kamu. Selain itu, teman yang toxic ingin kamu tahu bahwa mereka adalah oran yang paling penting dan terpercaya.

Namun, selanjutnya mereka mungkin akan menghina teman kamu. Seperti contoh, ketika kamu curhat kepada mereka tentang orang lain, mereka mungkin mencoba meyakinkan kamu bahwa kamu lebih baik tanpa mereka. Dalam kasus yang cukup ekstrim, mereka akan menjelek-jelekan kamu pada orang lain untuk merusak reputasimu.

 

 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.