get app
inews
Aa Read Next : Profil Agus Subiyanto, Calon Tunggal Panglima TNI yang Kenal Jokowi sejak Wali Kota Solo

Kisah Marahnya Presiden Jokowi usai Berjalan Kaki 3 Km Hadiri HUT TNI

Jum'at, 18 Agustus 2023 | 08:19 WIB
header img
Presiden Jokowi berjalan kaki bersama Panglima TNI Gatot Nurmantyo pada peringatan HUT ke-72 TNI di pelabuhan Indah Kiat tahun 2017 silam. Foto:IST/sindonews.com

HUT ke-72 TNI pada 2017 digelar di pelabuhan PT Indah Kiat, Cilegon, Banten. Lokasi ini dipilih karenma sangat luas sehingga pasukan bisa melakukan defile, sehingga kapal perang, helikopter, dan berbagai jenis tank bisa digelar di pelabuhan. Presiden Jokowi beserta istri sudah menginap di salah satu hotel di daerah Anyer. Jokowi dijadwalkan berangkat pada pukul 6.30 WIB. Jarak tempuh antara hotel dengan lokasi acara sekitar 45 menit. Perjalanan menuju ke pelabuhan diharapkan tidak ada hambatan. Sesuai prosedur tetap pengamanan dan perjalanan VVIP sudah disiapkan. 

Tiba pada waktu yang telah ditetapkan, Jokowi bersama rombongan mulai bergerak dari Anyer menuju Cilegon. Perjalanan menyusuri Pantai Anyer hingga Kota Cilegon pada awalnya berjalan lancar. Namun memasuki Pelabuhan Merak, kendaraan VVIP mulai bergerak pelan. Pengawal bermotor Paspampres dan Patroli Kawal (Patwal) polisi mulai kesulitan membuka jalan. Sebab puluhan kendaraan sudah memadati jembatan layang pelabuhan tersebut.

“Saya berpikir kondisi lalu lintas sudah tidak sesuai dengan rencana pengaturan yang sebelumnya ditetapkan. Saya mulai curiga bahwa sudah terjadi sebuah kesalahan pengaturan atau rekayasa lalu lintas. Seharusnya rute lalu lintas yang dilalui Presiden tidak sepadat ini,” kenang lulusan Akademi Militer (Akmil) 1993 ini dikutip SINDOnews, Jumat (18/8/2023). Ajudan Presiden Jokowi bertanya mengenai kondisi jalan dan jarak tempuh yang harus dilewatinya menuju tempat acara. Macet.

Hampir 30 menit, mobil RI 1 tidak bergerak sama sekali. Tiba-tiba pintu sedang yang ditumpangi Presiden Jokowi terbuka. “Hal yang saya khawatirkan pun terjadi. Presiden Jokowi turun dari mobil dan berjalan kaki menuju tempat acara. Bapak turun…bapak turun kata ajudan melalui radio dengan tergesa-gesa. Saya langsung turun dari mobil security,” ujarnya.

Presiden Jokowi kemudian berjalan kaki di sela-sela kemacetan lalu lintas. Di belakang Presiden Jokowi, ada perangkat kepresidenan mulai dari Paspampres, Setpres, Sekretaris Militer, Protokol Biro Pers hingga para menteri seperti, Menhan Ryamizard Ryacudu, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Kepala Staf Presiden Teten Masduki, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo serta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Rombongan jalan kaki ini membuat pengemudi yang mobilnya dilewati Presiden Jokowi terkejut. Mereka tidak menyangka Presiden Jokowi berjalan kaki menuju lokasi peringatan HUT ke-72 TNI. Begitu juga dengan warga sekitar yang tidak menyangka Presiden Jokowi akan berjalan kaki melintas di hadapan mereka. Warga menyambut Presiden dengan menyapa Pak Jokowi, Pak Jokowi. Setelah berjalan kaki hampir 3 Km, Presiden Jokowi akhirnya tiba di jalan menuju lokasi.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut