get app
inews
Aa Read Next : Kawah Gunung Bromo Keluarkan Asap Kelabu, PVMBG Minta Warga Waspada Erupsi

Kebakaran Hutan di Kawasan Bromo Meluas, Jalur Malang-Lumajang lewat Poncokusumo Ditutup

Minggu, 10 September 2023 | 22:20 WIB
header img
Kebakaran hutan di kawasan Gunung Bromo meluas hingga memaksa jalur alternatif Malang-Lumajang ditutup, Minggu (10/9/2023). (Foto: MPI)

MALANG, iNewsMalang.id –  Kebakaran hutan dan lahan di kawasan Gunung Bromo akibat flare terus meluas, sehingga menyebabkan penutupan jalan alternatif dari Malang menuju Lumajang pada hari Minggu (10/9/2023). Penutupan jalur alternatif melalui Poncokusumo yang berlokasi di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) ini dilakukan untuk mempermudah proses pemadaman api yang sudah mencapai Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

"Penutupan ini dilakukan demi kelancaran proses pemadaman dan demi keamanan pengunjung, sehingga seluruh akses menuju dan melintas melalui taman nasional ditutup sepenuhnya," kata Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS, Septi Eka Wardhani, seperti dikutip dari iNews.id pada Minggu (10/9/2023) malam.

Penutupan ini mulai berlaku sejak pukul 19.00 WIB pada hari Minggu (10/9/2023) malam dan belum ada informasi mengenai batas waktu penutupan ini. Hingga saat ini, petugas gabungan masih aktif melakukan pemadaman api. "Seluruh pintu masuk ditutup, termasuk Coban Trisula di Kabupaten Malang, Wonokitri di Kabupaten Pasuruan, Cemorolawang di Kabupaten Probolinggo, dan Senduro di Kabupaten Lumajang," tambahnya. Hanya masyarakat setempat di Desa Ranupani, Lumajang, dan Desa Ngadas, Kabupaten Malang, yang diizinkan untuk melintas.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut