get app
inews
Aa Read Next : Foto Firli Bertemu SYL Viral, KPK Cekal 9 Orang Terkait Kasus Korupsi di Kementan

Ketua KPK Akui Bertemu SYL di GOR Bulutangkis

Senin, 09 Oktober 2023 | 09:43 WIB
header img
Foto pertemuan Ketua KPK Firli Bahuri dengan mantan Mentan SYL di GOR Bulutangkis terjadi pada 2 Maret 2022.

JAKARTA, iNewsMalang.id - Firli Bahuri blak-blakan. Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) buka suara menanggapi beredarnya beberapa foto dan video yang berisi tentang pertemuannya dengan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) di lapangan bulu tangkis.

Kepada MNC Portal Indonesia, Firli membenarkan bahwa telah terjadi pertemuan pada foto dan video tersebut pada Kamis, 2 Maret 2022. ”Pak Syahrul datang waktu saya sedang bermain bersama beberapa atlet eks Pelatnas bulu tangkis. Itu memang di GOR Tangki, Mangga Besar, Jakarta. Malam hari dan ramai sekali orang di sana,” kata Firli seperti dilansir Sindonews.com Minggu (8/10/2023).

Firli mengaku heran kenapa tiba-tiba SYL mendatanginya di lapangan bulu tangkis tanpa janjian atau komunikasi apa pun sebelumnya. Padahal, Kamis paginya, Firli dan SYL baru rapat virtual soal hortikultura dan stok pangan bersama sejumlah menteri dan pimpinan lembaga terkait.

Purnawirawan jenderal Polri bintang tiga tersebut mengaku sampai mengecek ke Deputi Penindakan KPK apakah SYL sedang ada perkara saat itu. ”Ternyata pada Maret 2022 belum ada perkara Kementan di KPK,” ungkap Firli. Lantas apa yang dibicarakan dalam pertemuan di GOR Tangki, 2 Maret 2022? ”Seingat saya soal pangan ya karena pagi harinya kami ikut rapat kajian hortikultura dan buffer stock dari Deputi Pencegahan KPK,” jawabnya.

Menurut mantan Kapolda Sumatera Selatan itu, pertemuan berlangsung singkat karena dirinya fokus menghadapi game berikutnya. “Saya sampai bilang, kalau saya main, Bapak mau pulang ya pulang saja,” kata Firli. Apakah ada pertemuan lanjutan dengan SYL di lapangan bulu tangkis atau tempat lain? Firli tidak menjawab. Dia hanya mengatakan, pada Senin (9/10/2023) besok, Humas KPK akan memberikan rilis pers untuk menanggapi kabar pertemuan dirinya dengan SYL di tengah isu dugaan pemerasan dalam proses penanganan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

"Rilis nanti atas nama saya," tegas Firli. Pada Sabtu (7/10/2023), pemain badminton yang biasa bermain bareng Firli di GOR Tangki, Edi Hartono alias Ko Kempong membeberkan bahwa saat SYL datang, Firli sedang bermain ganda putra bersama atlet Tri Kusharyanto, Dwiki, dan Didid Juang.

”Setelah sempat ngobrol sebentar, Pak Syahrul sempat menunggu lalu kemudian langsung pulang,” ucap Edi. Tri Kusharyanto menambahkan saat itu suasana GOR ramai dan banyak pemain badminton. Sebelumnya, dalam sebuah kronologi dugaan pemerasan yang beredar di kalangan media tertulis bahwa salah satu lokasi transaksi penyerahan uang dari SYL kepada pimpinan KPK adalah di lapangan bulu tangkis.

Dalam dokumen itu tertulis, penyerahan terdiri atas tiga termin yakni pada Juni, Oktober, dan Desember 2022 masing-masing Rp1 miliar dalam pecahan dolar Singapura.

Diketahui, KPK telah menggeledah rumah dinas, rumah pribadi, dan kantor SYL di Kementan terkait tiga klaster dugaan korupsi yang sedang ditangani lembaga antirasuah tersebut. Ketiga klaster itu adalah dugaan penyalahgunaan surat pertanggungjawaban (SPJ) keuangan negara, dugaan suap, dan dugaan gratifikasi di lingkungan Kementan kurun waktu 2019-2023.
 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut