get app
inews
Aa Read Next : Inilah Jurus Jitu Shin Tae-yong di Piala Asia U-23, Target Selanjutnya Kalahkan Uzbekistan

Ini Bahaya Bom Fosfor Bagi Manusia, Senjata yang Diduga Digunakan Israel Serang Gaza Palestina

Sabtu, 14 Oktober 2023 | 17:37 WIB
header img
Perang Israel versus Hamas Palestina. Israel diduga menggunakan bom fosfor. Foto:dok inews.id

JAKARTA, iNewsMalang.id - Israel diduga telah menggunakan bom fosfor putih dalam serangannya terhadap Lebanon dan Gaza. Senjata mematikan ini menjadi ancaman serius bagi kehidupan manusia. Kelompok hak asasi manusia telah memverifikasi penggunaan amunisi fosfor putih oleh Israel melalui wawancara dan video yang menunjukkan bahwa senjata kimia ini digunakan di dua lokasi sepanjang perbatasan Israel-Lebanon dan di pelabuhan Kota Gaza.

Menurut Lama Fakih, Direktur Timur Tengah dan Afrika Utara dari Human Rights Watch (HRW), penggunaan fosfor putih secara ilegal di daerah perkotaan yang padat dapat mengakibatkan kebakaran rumah dan merusak warga sipil. Seperti yang dilaporkan oleh Sindonews.com pada Sabtu (14 Oktober 2023), militer Israel membantah penggunaan fosfor putih untuk penyebaran di zona perang Gaza. Apa itu fosfor putih? Fosfor putih adalah zat beracun berbentuk lilin yang terbakar pada suhu lebih dari 800 derajat Celsius, cukup tinggi untuk melelehkan logam.

Kemampuannya untuk cepat terbakar dan menciptakan asap tebal di area luas telah membuat fosfor putih menjadi pilihan bagi militer dalam menciptakan tirai asap. Asap ini bisa bertahan hingga tujuh menit. Amunisi fosfor putih sulit dipadamkan hingga fosfor terbakar habis atau tidak lagi terpapar oksigen. Penggunaannya bisa menyerupai peluru artileri, bom, roket, atau granat.

"Ledakan udara fosfor putih menyebarkan zat ini di area luas, tergantung pada ketinggian ledakan, dan hal ini mengenai lebih banyak warga sipil serta infrastruktur daripada ledakan di tanah yang terlokalisir," kata Ahmed Benchemsi, Direktur Komunikasi Divisi Timur Tengah dan Afrika Utara HRW, dalam wawancara dengan Al Jazeera pada Jumat (13 Oktober 2023).

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut