get app
inews
Aa Read Next : Tiga Orang Jemaah Haji Indonesia Yang Meninggal Dunia di Tanah Suci

Bukti Terbaru Menguatkan Planet Mars Bisa Dihuni, Ada Bukti Pernah Dialiri Sungai

Selasa, 31 Oktober 2023 | 12:53 WIB
header img
Mars ternyata pernah memiliki kondisi layak huni (Foto: UAESA)

JAKARTA, iNewsMalang.id - Mars, planet tetangga kita, ternyata memiliki masa lalu yang mungkin mendukung kehidupan. Sebuah penelitian terbaru menyimpulkan bahwa Mars dulu adalah planet yang dialiri sungai. Temuan ini didasarkan pada bukti erosi yang teramati di permukaan Planet Merah selama bertahun-tahun. Laporan terbaru ini dipublikasikan dalam jurnal Geophysical Research Letters dan mengandalkan model numerik untuk mensimulasikan proses erosi di Mars.

Sebagian besar data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari penjelajah Mars milik NASA, yaitu Curiosity, yang telah menjelajahi Mars sejak tahun 2012. Selama 11 tahun terakhir, Curiosity telah mengungkap banyak misteri seputar planet Mars. Dengan bantuan penjelajah lainnya, Perseverance, NASA telah mengumpulkan lebih banyak data tentang Planet Merah daripada sebelumnya.

Salah satu penemuan yang paling menarik dari misi Curiosity adalah berbagai endapan sungai yang ditemukan di Mars. Endapan ini menjadi bukti bahwa Mars pada masa lalu memiliki kondisi yang mendukung kehidupan, termasuk aliran air cair yang mirip dengan yang ada di Bumi. Temuan ini, seperti dilaporkan oleh BGR, sebenarnya tidak terlalu mengejutkan, mengingat bukti-bukti sebelumnya yang telah ditemukan selama eksplorasi Mars. Dengan upaya keras NASA dalam mengembalikan sampel dari Mars, penelitian semacam ini hanya menyoroti seberapa banyak lagi yang perlu kita pelajari tentang planet Mars.

Data yang terus-menerus dikumpulkan oleh Curiosity mengungkapkan gambaran yang luas dan panjang. Ini adalah catatan perubahan yang terjadi selama jutaan tahun, termasuk erosi permukaan planet, penurunan atmosfer, dan menghilangnya air.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut