get app
inews
Aa Read Next : Koboisme Jalanan

LMI Ikuti Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina

Senin, 06 November 2023 | 16:39 WIB
header img
Aktivis LMI saat mengikuti aksi solidaritas Palestina, Minggu (5/11/2023). Foto IST

JAKARTA, iNewsMalang.id - Semangat Indonesia untuk membela Palestina tidak hanya tampak dari bentuk pengiriman bantuan kemanusiaan dan pernyataan resmi di berbagai forum Internasional, tetapi juga dengan aksi demontrasi. Pada Minggu  (5/11/2023), jutaan massa memadati area sekitar Monas, dari Jalan Ridwan yang menghubungkan Tugu Tani hingga Masjid Istiqlal, Jakarta, untuk menujukkan dukungan dan pembelaan rakyat Indonesia atas hak- hak warga Palestina.

“Aksi hari ini adalah aksi aliansi bela Palestina yang merupakan bentuk kebersamaan seluruh elemen bangsa Indonesia yang cinta damai, lintas agama, kelompok dan partai politik,” kata Din Syamsuddin, Mantan ketua umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang menjadi penggagas aksi tersebut. 

Massa aksi akbar yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina terdiri dari berbagai organisasi, lintas ormas, dan lintas agama antara lain Majelis Ulama Indonesia (MUI), Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Persekutuan Gereja Indonesia (PGI), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Persatuan Umat Budha Indonesia (Permabudhi), Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin), sejumlah universitas dan perguruan tinggi, pondok pesantren dan lainnya, tak terkecuali Lembaga Manajemen Infaq (LMI). 

Dalam aksi akbar ini, Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina menyatakan sikap atas agresi, kekejaman, dan kezaliman zionis terhadap Palestina. Aksi ini menyatakan tuntutan agar perang segera dihentikan dan agar dilakukan penyelidikan internasional atas kejahatan kemanusiaan oleh zionis untuk diajukan ke Mahkamah Internasional dan menuntut PBB perlu melakukan langkah-langkah nyata dan tegas dalam menegakkan resolusi-resolusinya. 

Demonstrasi dihadiri tidak hanya masyarakat sipil, tetapi sejumlah perwakilan lembaga negara terlihat hadir seperti ketua DPR Puan Maharani, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Aksi ini berlangsung sejak pukul 06.00 WIB hingga 11.00 WIB.

Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri yang ikut hadir dalam aksi menegaskan kembali sikap pemerintah Indonesia yang mendukung kemerdekaan rakyat Palestina. Selain menyuarakan dukungan melalui forum resmi, pemerintah juga menempuh langkah dengan mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada Palestina. Ia menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan dari seluruh masyarakat Indonesia yang disalurkan melalui berbagai lembaga kemanusiaan. Bantuan tersebut telah dikirim ke Palestina kemarin. 

 “Kemarin bantuan tahap pertama sudah diberangkatkan dan dilepas langsung oleh Presiden Joko Widodo. Ini bukan hanya bantuan dari Pemerintah tetapi dari seluruh rakyat Indonesia yang disalurkan melalui lembaga-lembaga kemanusiaan. Terima kasih kepada rakyat Indonesia," ucap Retno.   

Selanjutnya, Retno membacakan puisi karyanya sendiri, yang berjudul “Palestina Saudaraku.” Puisi itu memaparkan situasi yang dihadapi warga sipil Palestina dan dukungan Indonesia untuk Palestina.

Sementara itu, Citra Widuri selaku Direktur Pendayagunaan LMI yang juga hadir dalam aksi ini menggarisbawahi kembali sikap LMI terhadap penjajahan sistematis yang terjadi di Palestina. “Apa yang terjadi di Palestina merupakan penjajahan yang telah dilakukan oleh zionis. Kekejaman tersebut tidak bisa dibiarkan, sebagai wujud solidaritas kemanusiaan, kami mendukung penuh kemerdekaan Palestina,” pungkas Citra.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut