get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Arab Saudi Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh pada Senin, 11 Maret 2024

Muhammadiyah Soroti Distribusi Pupuk Bersubsidi, Begini Pembelaan Terhadap Petani

Rabu, 22 November 2023 | 13:59 WIB
header img
Ilustrasi pupuk bersubsidi(Foto: Ist/dok.iNews network)

JAKARTA, iNewsMalang.idMuhammadiyah menyoroti distribusi pupuk bersubsidi yang tidak terlalu berpihak kepada petani. Hal ini menurut Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Anwar Abbas berdampak bagi  kesejahteraan petani di Indonesia. “Salah satu masalah yang mereka hadapi adalah pupuk. Sering-sering pupuk bersubsidi yang mereka butuhkan tidak ada. Padahal tanamannya sudah saatnya dipupuk,” ungkap Anwar Abbas dikutip dari laman resmi Muhammadiyah, Selasa (21/11).

Berdasar  data Badan Pusat Statistik (BPS) hingga Februari 2023, jumlah petani di Indonesia mencapai 40,69 juta orang, atau melebihi penduduk Malaysia sebanyak 33,4 juta jiwa. M eski jumlah mereka besar, banyak dari petani yang kesejahteraan hidupnya memprihatinkan.

Menurut Anwar Abbas, petani harus membeli kepada pedagang pupuk yang sudah punya hubungan dengan distributor, konsekuensinya  harga relatif lebih mahal. Karena mahal, petani pun terpaksa berhubungan dengan tengkulak yang memberi pinjaman bersyarat. “Saat panen, petani yang pinjam pupuk itu harus jual hasil panennya ke tengkulak itu. Dengan harga lebih murah,” jelasnya.Anwar Abbas mengatakan, praktik ini banyak terjadi di daerah terpencil, misalnya petani yang menggarap lahan di pegunungan atau bekas hutan. Karena sulitnya akses distribusi, mereka pun tak memiliki pilihan lain untuk mendapatkan pupuk bersubsidi.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut