7 Pemain Keturunan Indonesia Main di Liga Eropa, Nomor 6 Gak Main-main

Hafid Fuad
.
Selasa, 15 Februari 2022 | 19:02 WIB
Ragnar Oratmangoen

PEMAIN keturunan Indonesia yang main di Liga Eropa selalu menjadi berita menarik bagi masyarakat Indonesia. Kecintaan terhadap timnas Indonesia membuat masyarakat umumnya akan gembira bila ada pemain keturunan Indonesia yang bisa menembus klub di Eropa. Di masa lalu sudah ada Kurniawan Dwi Yulianto ataupun Rochy Melkiano Putiray yang membawa harapan bagi kebangkitan timnas Indonesia. Sementara saat ini yang paling menonjol adalah Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman yang tampil bersama FK Senica.

Ada pula sosok Elkan Baggott yang diketahui membela tim kasta ketiga di Inggris, Ipswich Town. Meski masih memperkuat Ipswich Town U-23 namun Elkan diprediksi akan siap promosi ke tim senior.

Dewasa ini sejumlah pemain keturunan Indonesia lainnya juga diketahui tampil di Liga Eropa. Dilansir dari berbagai sumber berikut tujuh pemain keturunan Indonesia lainnya yang main di Liga Eropa.

 

1. Cyrus Margono

Cyrus adalah seorang penjaga gawang di klub Yunani, Panathinaikos B. Berdasarkan data Transfermarkt pemain tersebut lahir pada 9 November 2001 di Mount Kisco, New York. Cryrus memiliki tinggi badan 1,9 meter dan mulai bergabung dengan Panathinaikos B sejak 30 Agustus 2021. Di situs tersebut juga disebutkan kewarganegaraannya dengan mencantumkan bendera Indonesia dan Amerika Serikat.

Berbagai sumber menyatakan Cyrus Margono bersekolah SMA di Sleepy Hollow, New York. Begitu lulus, Cyrus melanjutkan pendidikannya di University of Denver Athletics pada 2019. Setelah bermain untuk tim sepak bola University of Denver Athletics selama setahun, Cyrus Margono pindah ke University of Kentucky (UK) Athletics sebelum akhirnya diboyong Panathinaikos.

 

2. Joseph Simatupang

Pemain keturunan Indonesia lainnya adalah Joseph Simatupang Ferguson. Data Transfermarkt menunjukkan pesepak bola ini lahir pada 28 Desember 2002 di kota Manchester, Inggris. Tinggi badan mencapai 1,81 meter. Sementara di kolom kewarganegaraan sudah ditandai dengan gambar bendera Inggris dan Indonesia. Dia bergabung dengan klub Blackburn Rovers U23 sejak 1 Juli 2021 dan dipercaya mengisi posisi bek kanan.

Joseph diketahui pernah menempa ilmu bersama di muda Liverpool, Manchester United, Chelsea, dan Manchester City.

 

 

3. Shayne Pattynama

Shayne Pattynama diketahui tampil di Liga Norwegia bersama klub Viking FK Stavanger. Data Transfermarkt menyatakan pemain ini lahir pada 11 Agustus 1998 di Lelystad. Sang ayah diketahui berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Saat ini dia sering dipercayai menjadi seorang bek kiri. Dia resmi bergabung dengan Viking Stavanger sejak 1 April 2021.

Setelah bermain untuk tim sepak bola University of Denver Athletics selama setahun, Cyrus Margono pindah ke University of Kentucky (UK) Athletics sebelum akhirnya diboyong Panathinaikos.

4. Kevin Diks

Pemain satu ini memperkuat FC Copenhagen dan bermain di Liga Denmark. Dia merupakan bek berdarah Indonesia. Berdasarkan data Transfermarkt diketahui nama lengkapnya adalah Kevin Diks Bakarbessy. Kevin lahir pada 6 Oktober 1996 di kota Apeldoorn. Meski sempat santer akan dinaturalisasi, Diks akhirnya mengurungkan niat tersebut. Salah satu alasannya lantaran belum mendapatkan restu dari orang tuanya.

 

5. Brylian Aldama

Pemain ini bergabung dengan tim asal Kroasia, NK Pomorac Kostrena. Berdasarkan data Transfermarkt pemain ini memiliki nama lengkap Brylian Negietha Dwiki Aldama.  Brylian lahir di Surabaya, Jawa Timur pada 23 Februari 2002. Tingginya mencapai 1,75 meter dan bermain sebagai gelandang tengah. Dia diketahui bergabung dengan NK Pomorac Kostrena sejak 7 September 2021 lalu dipinjamkan ke HNK Rijeka hingga 30 Juni 2022.

 

6. Jim Croque

Pemain keturunan Indonesia, Jim Croque, merupakan pemain bola di klub Belanda, Vitesse U18. Berdasarkan data Transfermarkt, pemain ini memiliki nama lengkap Jim Roberto Croqué dan lahir pada 5 Juli 2004. Kewarganegaraannya tercatat untuk negara Belanda.

Posisinya saat bermain umumnya sebagai penyerang bersama Vitesse U18 sejak 1 Juli 2020 lalu. Dalam salah satu wawancara Jim Croque mengaku merasa terhormat jika dipanggil PSSI untuk membela Timnas Indonesia. Dia diketahui memiliki darah Jawa dari sang Ayah.

 

7. Ragnar Oratmangoen

Striker keturunan Belanda-Indonesia ini tercatat di akun Transfermarkt sebagai pemain klub Liga Belanda, Go Ahead Eagles. Ragnar tercatat lahir pada 21 Januari 1998 di kota Oss. Kolom kewarganegaraannya diisi gambar bendera Belanda.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News

Bagikan Artikel Ini