get app
inews
Aa Read Next : Klasemen SEA Games Pukul 08.00 WIB, Indonesia Merosot ke Posisi 5, Berharap pada Pencak Silat

Bendera Merah Putih Mirip Punya Monako, Siapa Meniru Siapa? Simak Sejarahnya

Rabu, 16 Agustus 2023 | 10:50 WIB
header img
Bendera merah putih dibentangkan untuk memperingati HUT ke 78 Kemerdekaan RI. (Foto: Istimewa)
MALANG, iNewsMalang.id - Bendera Merah Putih Indonesia sangat mirip dengan milik Monako. Bendera Indonesia, negara terbesar di Asia Tenggara, dengan lebih dari 270 juta orang sangat mirip warnanya dengan Monako, negara kota berdaulat kecil yang terletak di French Riviera di Eropa. Seperti apa sejarah, dan perbedaannya? Berikut sejumlah fakta menarik seperti dilansir flagsmore.com, bendera Indonesia vs bendera Monaco

Kesamaan warna bendera antara Indonesia dengan Monako diyakini karena kebetulan. Foto:Flagsore.com

Kedua bendera memiliki desain yang sangat mirip: dua garis horizontal dengan ukuran yang sama, dengan yang di atas berwarna merah dan yang di bawah berwarna putih. Namun, melihat lebih dekat dapat memberikan beberapa perbedaan penting yang dapat membantu menentukan yang mana: sebagai permulaan, warna merah pada bendera Indonesia sedikit lebih redup dibandingkan dengan bendera Monaco. Selain itu, dimensi (dan lebih khusus lagi, rasionya) juga bervariasi (lihat bagian Fakta Menarik).

Simbolisme
 
Terlepas dari kesamaan warna dan susunan yang mencolok, bendera Indonesia dan Monako memiliki nilai yang sangat berbeda. Oleh karena itu, garis merah pada bendera Indonesia melambangkan keberanian dan darah bangsa, sedangkan putih melambangkan kesucian dan semangat bangsa. Namun demikian, para pecinta budaya Austronesia juga berpendapat bahwa pita-pita bendera tersebut masing-masing mewakili “Bumi Pertiwi” dan “Bapa Langit”.
 
Sebaliknya, warna bendera Monegasque dikaitkan dengan warna House of Grimaldi, sebuah keluarga yang telah memerintah negara kecil itu selama berabad-abad. Mereka diduga melambangkan daging tubuh manusia (merah) dan kemurnian dalam kehidupan spiritual (putih).
 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut