Logo Network
Network

Misteri Huruf “Z “pada Pasukan Rusia, Apa Artinya?

Rahman Asmardika
.
Rabu, 09 Maret 2022 | 17:50 WIB
Misteri Huruf “Z “pada Pasukan Rusia, Apa Artinya?
Simbol Z Pro Rusia

MOSKOW, iNewsMalang.id – Pada perang antara Rusia melawan Ukraina saat ini, Pasukan Rusia dikenal dengan menggunakan hurufZ” pada beberapa alat tempur mereka. Bahkan huruf “Z” ini tidak saja dipakai oleh pasukan Rusia, namun juga pada warga Rusia yang mendukung operasi militer ini.

Simbol ini telah digunakan oleh para politisi, bahkan atlet, dan terlihat di kaca mobil, van, papan iklan, hingga halte bus, seperti terlihat pada banyak foto yang beredar di media sosial.

Namun, apa arti dari “Z” tersebut? Mengapa aksara ini menjadi simbol yang digunakan kelompok pendukung aksi militer Rusia ke Ukraina?

Meski huruf “Z” dalam alfabet Cyrilic yang digunakan di Rusia memiliki bentuk berbeda dan terlihat sepert angka 3, sebagian besar orang Rusia mengenali huruf latin yang digunakan. Emily Ferris Rusia dan Eurasia Research Fellow di Royal United Services Institute (RUSI) mengatakan bahwa “Z” adalah sebuah simbol yang kuat dan mudah dikenali.

"Seringkali dengan propaganda hal-hal paling sederhana paling cepat dikenali," katanya sebagaimana dilansir BBC. "Terlihat agak mengintimidasi dan cukup mencolok. Dari perspektif estetika, itu adalah simbol yang sangat kuat."

Terbukti hanya dalam waktu singkat “Z” menyebar di antara para pendukung aksi militer Rusia ke Ukraina.

Beberapa teori telah beredar tentang apa arti sebenarnya dari simbol "Z". Ini pertama kali menarik perhatian di media sosial setelah tank Rusia dengan simbol "Z" di sampingnya terlihat dalam perjalanan ke Ukraina.

Awalnya, diperkirakan bahwa "Z" sebenarnya adalah angka "2", mewakili 22 Februari (22/2/2022), hari dimana Rusia meratifikasi kesepakatan tentang "persahabatan, kerja sama, dan bantuan timbal balik" dengan wilayah yang memisahkan diri di Ukraina timur, Donetsk dan Luhansk.

Tapi sekarang diyakini simbol itu hanyalah cara bagi militer Rusia untuk mengidentifikasi kekuatannya sendiri, meski ada beberapa intepretasi lain mengenai simbol ini.

Pekan lalu, pemirsa program berita di Channel One milik negara Rusia diberitahu bahwa "Z" adalah tanda umum pada peralatan militer Rusia. Situs web pro-Putin Kristen Ortodoks Tsargrad mengatakan kepada pembaca bahwa penandaan sederhana itu dapat menghindari penembakan terhadap kawan sendiri.

Veteran pasukan khusus Rusia Sergey Kuvykin mengatakan kepada situs majalah Rusia, Life, bahwa simbol yang berbeda menandakan unit militer yang berbeda.

"Simbol seperti ini digunakan, 'Z' dalam bujur sangkar, 'Z' dalam lingkaran, 'Z' dengan bintang atau hanya 'Z' saja," jelasnya. Kuvykin mengatakan ini penandaan membantu memastikan bahwa pasukan, yang mungkin tidak berhubungan dengan rekan-rekan lain, berada di tempat yang seharusnya. 

Sementara itu pesenam Rusia Ivan Kuliak yang mendapat kritik keras karena mengenakan simbol “Z” di bajunya saat berlaga di Doha, Qatar, mengatakan bahwa dia mengartikan simbol ini sebagai simbol perdamaian.

"Saya melihatnya pada militer kami dan melihat apa arti simbol ini. Ternyata (artinya), 'untuk kemenangan' dan 'untuk perdamaian'," kata Kuliak sebagaimana dilansir RT. "Saya tidak menginginkan sesuatu yang buruk pada siapa pun, Saya hanya menunjukkan posisi saya sebagai seorang atlet, saya akan selalu berjuang untuk kemenangan dan berdiri untuk damai. Hanya (untuk itu) dan segalanya."

Aglaya Snetkova, dosen politik internasional di Sekolah Studi Slavia dan Eropa Timur di University College London mengatakan bahwa penyebaran simbol "Z" di Rusia bukan hanya karena spontanitas media sosial, tetapi juga didorong oleh rezim Kremlin.

Seorang politisi Rusia, Maria Butina, membagikan video tentang cara menulis lencana "Z" di jaket bisnis - dia menjelaskan - "agar Anda dapat pergi bekerja dan menunjukkannya kepada semua orang tanpa berteriak tentang hal itu."

Tapi Snetkov mengatakan simbol itu tidak boleh dilihat sebagai fasis. "Ada banyak meme yang mengubah huruf 'Z' menjadi swastika, tapi itu dilakukan oleh orang-orang yang ingin melawan rezim."

Selain “Z” simbol lain juga muncul sebagai dukungan terhadap keputusan operasi militer Presiden Vladimir Putin

Huruf "V" misalnya, yang juga tidak ditulis dalam alfabet Cyrillic, muncul di postingan di akun Instagram resmi departemen pertahanan Rusia, di samping gambar "Z".

Ada keterangan tertulis. "Za PatsanoV" membaca satu, yang berarti "untuk para pemuda" - sementara yang lain mengatakan "Sila V pravde", yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai "kekuatan dalam kebenaran".

Satu teori adalah bahwa dua huruf Latin mungkin singkatan dari "vostok", yang berarti timur, dan "zapad", yang berarti barat. Tetapi di media sosial, juga telah disarankan bahwa militer Ukraina percaya bahwa "Z" mengacu pada "Pasukan Timur" Rusia - dan "V" untuk "infantri Angkatan Laut".

 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News

Bagikan Artikel Ini