get app
inews
Aa Read Next : Bendera Merah Putih Mirip Punya Monako, Siapa Meniru Siapa? Simak Sejarahnya

Kisah Kesederhanaan Jenderal Polisi Hoegeng, Menolak Pengawalan

Jum'at, 11 Maret 2022 | 09:53 WIB
header img
Jenderal Polisi Hoegeng

JAKARTA, iNewsMalang – Jenderal Polisi Hoegeng adalah sosok polisi yang dikenal jujur, berintegritas, dan sederhana. Upacara pengangkatan Hoegeng sebagai Kapolri digelar di depan Markas Besar Angkatan Kepolisian di Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan dipimpin oleh Jenderal Soeharto selaku inspektur upacara yang kala itu sudah resmi menjadi Presiden Kedua RI.

Pria kelahiran 14 Oktober 1921 itu adalah Kapolri kelima atau Menteri/Panglima Angkatan Kepolisian (Menpangak) kala itu. Pria bernama lengkap Hoegeng Iman Santoso itu sebelumnya menjabat wakil Menpangak. Tepatnya pada 3 Agustus 1966, Hoegeng resmi diangkat menjadi wakil Menpangak berdasarkan surat keputusan Presiden Soekarno. Kemudian, Hoegeng diangkat menjadi Kapolri pada 15 Mei 1968 setelah Jenderal Soetjipto mengundurkan diri sebagai Menpangak. Pangkat Hoegeng naik menjadi Jenderal Polisi.

Salah satu fasilitas negara yang ditolak Hoegeng adalah rumah dinas Kapolri di Jalan Pattimura, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Hoegeng dan keluarga tetap tinggal di rumahnya di Jalan Madura, Jakarta Pusat. “Papi tidak mau rumahnya dikawal-kawal dan ada pos jaga ‘monyet’ di depan pintu masuk rumahnya. Papi ingin rumahnya terbuka dan tidak menyeramkan buat masyarakat. Dan masih banyak lagi fasilitas lainnya yang Papi tolak,” kata Didit. Setelah diberhentikan sebagai Kapolri, Hoegeng pun tidak mau rumahnya dikawal. Didit mengungkapkan ayahnya pernah mendapat ancaman pembunuhan setelah beberapa tahun selesai diberhentikan sebagai Kapolri.

Kapolri yang saat itu dijabat oleh Anton Soedjarwo berinisiatif melakukan pengawalan terhadap Hoegeng. Namun, Hoegeng menolak. Karena ancaman itu disebutkan nyata dan sewaktu-waktu bisa terjadi, Polri pun memaksa. Akhirnya, Hoegeng pun mengizinkannya. Akan tetapi, Hoegeng berpesan agar pengawalan yang dilakukan tidak mencolok dan membatasi kesehariannya dan keluarga. Tak lama setelah itu, tiba-tiba ada sebuah warung rokok di dekat rumah Hoegeng di Jalan Madura. Hoegeng pun mengeceknya. “Saat datang ke depan warung, Papi malah diberi hormat. Ternyata, penjaga warung adalah intel-intel Polri yang memang diminta bertugas untuk menjaga Papi. Namun, Papi keberatan dan meminta mereka untuk pergi,” tutur Didit.

 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut