get app
inews
Aa Read Next : Ade Armando Babak Belur Dihajar Massa, Kapolda: Pelaku Bukan Kelompok Mahasiswa

Sejarah Sepak Bola Saat Perang Dunia Dua, Begini Faktanya

Jum'at, 18 Maret 2022 | 09:40 WIB
header img
Sepak Bola Saat Perang Dunia

Pada tanggal 8 September 1939, Asosiasi Sepak Bola (FA) menyatakan bahwa semua sepak bola kecuali yang diselenggarakan oleh angkatan bersenjata ditangguhkan 'sampai pemberitahuan resmi yang menyatakan sebaliknya'. Ini berbeda dengan tahun 1914, ketika sepak bola profesional berlanjut selama tahun pertama perang.

Pada tahun 1939, ancaman serangan udara dan pengenalan wajib militer membuat sepak bola tidak mungkin berlanjut seperti sebelumnya. Namun, pada 21 September, Departemen Dalam Negeri setuju untuk mengizinkan revisi program sepak bola selama tidak mengganggu layanan dan industri nasional.

Kerumunan dibatasi hingga 8.000 di daerah evakuasi dan 15.000 di tempat lain. Ada program liga dan piala regional yang terbatas. Pertandingan internasional kandang dan pertandingan antar-layanan juga berlangsung dan sepak bola tetap menjadi olahraga penonton yang populer di kandang sendiri. Pemain dipanggil ke dalam pasukan atau direkrut ke dalam pekerjaan perang.

Tanah juga sangat terpengaruh oleh kerusakan serangan udara dan perubahan penggunaan. Ketika markas Arsenal di Highbury menjadi pusat Air Raid Precautions (ARP), mereka harus berbagi tanah dengan rival London Utara Tottenham Hotspur. Dalam ketiga layanan tersebut, sepak bola didorong sebagai cara untuk menjaga pasukan tetap bugar, aktif, dan terhibur.

Berikut 10 Fakta sepak bola di masa Perang Dunia kedua:

 

1. Sepak bola adalah bentuk rekreasi yang penting bagi tentara di Inggris

Menonton dan bermain olahraga sangat penting dalam menjaga pasukan ini tetap sibuk dan terhibur. Pertandingan sepak bola juga mengumpulkan uang untuk amal layanan. Pada Mei 1943, sebuah pertandingan di Chelsea, yang dihadiri oleh 55.000 penonton, menghasilkan £8.000 untuk Liga Kesejahteraan Angkatan Laut.

 

2. Pesepakbola membantu mendukung perekrutan

Pada pertandingan Sabtu Paskah 1939, kapten Bolton Wanderers Harry Goslin berpidato mendesak penonton untuk bergabung. Hari Senin berikutnya dia dan seluruh tim utama bergabung dengan Resimen Lapangan ke-53, Artileri Kerajaan. Pemain dari sejumlah klub lain juga bergabung, termasuk Liverpool FC, yang pemainnya membentuk bagian klub di Resimen Raja. Harry Goslin terbunuh saat bertugas di Italia pada Desember 1944.

 

3. Banyak pabrik mendirikan tim sepak bola wanita

Seperti pada Perang Dunia Pertama, banyak pabrik besar memiliki tim sepak bola pekerja perempuan dan laki-laki. Foto ini, berasal dari tahun 1944, menunjukkan kiper Betty Stanhope, mewakili Fairey Aviation Company, selama pertandingan melawan A V Roe, pabrik pesawat lokal lainnya. Tim Fairey memenangkan pertandingan enam nihil.

 

4. Sepak bola populer di kalangan tawanan perang

Sepak bola adalah bentuk rekreasi yang populer bagi tawanan perang Inggris (POWs). Bola dan perlengkapan dipasok melalui Palang Merah dan YMCA. Di banyak kamp besar, tawanan perang mengorganisir liga. Tim POW di Stalag XXID di Poznan di Polandia yang diduduki Nazi diberi nama 'Aston Villa', mungkin mencerminkan dukungan masa damai mereka untuk klub Midlands. Sepak bola juga populer di antara tawanan perang dari semua negara. Kiper terkenal Manchester City Bert Trautmann datang ke Inggris sebagai tawanan perang Jerman pada tahun 1945.

 

5. Sepak bola adalah bentuk rekreasi yang penting bagi warga sipil

Bermain dan menonton sepak bola tetap menjadi bentuk rekreasi yang populer di lini depan. Jumlah penonton masih banyak untuk pertandingan di liga regional, kompetisi piala dan servis dan, setelah Blitz berakhir pada Mei 1941, jumlah penonton terus meningkat.

Sistem 'pemain tamu' berarti bahwa penonton terkadang dapat melihat pemain bintang yang sekarang bertugas di angkatan bersenjata, yang akan pergi ke klub terdekat dengan tempat mereka berada.

 

6. Banyak pesepak bola profesional bertugas di angkatan bersenjata

Ketika sepak bola secara resmi ditangguhkan pada September 1939, semua pesepakbola profesional diputus kontraknya.

Pada April 1940, menurut majalah Picture Post, 629 pesepakbola profesional telah bergabung, 514 di angkatan darat, 84 di RAF dan 31 di Royal Navy. Yang lain pergi ke pekerjaan perang. Pada tahun 1940, satu pabrik di Oldbury mempekerjakan 18 pemain West Bromwich Albion. Beberapa pemain dan pelatih digunakan TNI sebagai instruktur latihan jasmani (PT). Namun, 80 pesepakbola profesional tewas selama perang dan banyak lagi yang terluka atau menjadi tawanan perang (POW).

 

7. Sepak bola membantu menjaga kebugaran

Pertandingan sepak bola antar-layanan dan antar-unit yang kompetitif didorong di seluruh angkatan bersenjata. Selain menjalin hubungan antar unit dan meningkatkan kebugaran fisik, pertandingan juga memberikan bentuk hiburan yang disambut baik bagi pasukan lain yang ditempatkan di area tersebut.

 

8. Sepak bola digunakan untuk mendorong produktivitas tempat kerja

Poster yang diproduksi untuk Kementerian Transportasi Perang ini menggunakan kartun bertema sepak bola yang lucu untuk mendorong karyawannya menurunkan muatan kendaraan mereka dengan lebih efisien.

 

9. Sepak bola meningkatkan moral

Sepak bola dan olahraga lainnya didorong di semua cabang layanan untuk meningkatkan moral. Foto diambil pada tanggal 31 Januari 1944 menunjukkan penembak dari 111 Battery, Resimen Menengah ke-80 (Kuda Skotlandia), Artileri Kerajaan bermain sepak bola di dekat senjata mereka di daerah Anzio, Italia.

 

10. Pesepak bola bermain dalam pertandingan eksibisi untuk mendukung upaya perang

Sebagai pesepak bola profesional selama tahun 1930-an, Ted Drake bermain sepak bola untuk Southampton dan Arsenal. Pada bulan September 1944, ia adalah bagian dari FA Services XI yang mengunjungi Paris, di mana mereka mengalahkan tim Prancis 5-0 dan kemudian melakukan perjalanan ke Brussel di mana mereka mengalahkan tim Belgia 3-0. Pertandingan terakhir berlangsung segera setelah pembebasan dan teras harus dibersihkan dari ranjau sebelum penonton dapat diizinkan masuk. Inews Malang

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut