get app
inews
Aa Read Next : Lowongan Kerja Fresh Graduate, PT SIER Buka 14 Posisi Kerja

Gangguan Suasana Hati setelah Melahirkan, Baby Blues kah?

Jum'at, 25 Maret 2022 | 13:58 WIB
header img
Gangguan suasana hati pasca melahirkan pada wanita (Foto: Texas AM Today)

JAKARTA, iNewsmalang.id - Minggu pertama setelah melahirkan , tidak sedikit wanita mengalami apa yang sering disebut dengan baby blues . Yakni, wanita dapat mengalami suasana hati yang rendah dan merasa tertekan pada saat berharap mereka akan merasa bahagia setelah memiliki bayi.

Dilansir dari WebMD, Jumat (25/3/2022) baby blues disebabkan oleh perubahan hormonal dan kimiawi yang terjadi secara tiba-tiba di tubuh Anda setelah melahirkan. Di mana 80 persen ibu baru mengalami kondisi ini. Perasaan ini sering kali dimulai saat bayi baru berusia 2 atau 3 hari, tetapi kemungkinan besar akan merasa lebih baik saat bayi berusia 1 atau 2 minggu. Jika perasaan sedih bertahan lebih lama, atau lebih buruk, Anda mengalami depresi pascamelahirkan. Depresi pascamelahirkan lebih parah dan berlangsung lebih lama dari pada baby blues. Di mana sekitar 10 persen wanita mengalaminya. Seseorang lebih mungkin mengalami depresi pascamelahirkan jika sudah pernah mengalami depresi atau jika itu terjadi dalam keluarga.

Gejala Baby Blues

Adapun gejala baby blues meliputi suasana hati berubah dengan cepat dari senang menjadi sedih. Satu menit, Anda bangga dengan pekerjaan yang dilakukan sebagai ibu baru. Berikutnya, Anda menangis karena Anda pikir tidak mampu mengerjakan tugas itu. Gejala lainnya adalah anda tidak ingin makan atau mengurus diri sendiri karena kelelahan. Selain itu, Anda juga merasa mudah tersinggung, kewalahan, dan cemas. Gimana doong solusinya?


Cara Mengobati Baby Blues

Yang paling utama: Tidur sebanyak yang Anda bisa, dan istirahatlah saat bayi Anda tidur siang.
Selain itu, butuh makan makanan yang baik. Anda akan merasa lebih baik dengan bahan bakar yang sehat di sistem Anda. Jalan-jalan, oahraga, udara segar, dan sinar matahari dapat memberikan keajaiban. Terima bantuan ketika ada orang yang menawarkannya asal tidak beresiko, dan santai. Jangan khawatir tentang tugas. Intinya, Fokus pada diri sendiri dan bayi Anda. Selamat mencoba. iNews Malang.
 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut