Logo Network
Network

Hujan Angin Bercampur Butiran Es Terjang Malang Raya, Pohon-Pohon Tumbang

Avirista Midaada
.
Senin, 28 Maret 2022 | 22:31 WIB
Hujan Angin Bercampur Butiran Es Terjang Malang Raya, Pohon-Pohon Tumbang
Pohon tumbang di Kota Malang (foto: MNC Portal/Avirista)

MALANG, iNewsMalang.id - Sejumlah wilayah di kawasan Malang Raya diterjang hujan angin disertai butiran es sepanjang Senin sore (28/3/2022) hingga malam hari. Akibatnya, pohon-pohon dilaporkan tumbang.

Informasi yang berhasil dihimpun, pohon roboh terjadi di Jalan Raya Genengan dan kawasan Watudakon, Kendalpayak, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Di wilayah ini setidaknya ada dua pohon besar yang tumbang menutup akses jalan raya.

 Sedangkan di Kota Malang tepatnya di pohon beringin besar tumpang di depan Kantor Kelurahan Arjowilangun, tepatnya di Simpang Tiga Arjowilangun, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, sekitar pukul 16.40 WIB.

Pohon tumbang dilaporkan menimpa sebuah warung yang tengah ada beberapa orang yang berteduh. Beruntung seluruh orang yang ada di warung tersebut dinyatakan selamat. Meski demikian, akses lalu lintas menjadi tersendat imbas pohon yang tumbang. 

Selain hujan disertai angin, sejumlah warga melaporkan hujan es sempat mengguyur di wilayah Kedungkandang, Kota Malang, Tajinan, dan Pakisaji, Kabupaten Malang. Rekaman hujan es ini juga sempat diunggah warga di sejumlah media sosial serta aplikasi pesan Whatsapp. 

Hujan disertai angin juga juga berdampak bangunan. Adapun bangunan yang mengalami kerusakan yakni gedung Islamic Center Kota Malang yang berada di wilayah Arjowilangun, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Warga Perumahan Puri Cempaka 1 Aliev Ardiansyah mengatakan hujan deras disertai es terjadi pada Senin sore (28/3/2022) sekitar pukul 16.43 WIB. Saat itu memang langit disebutnya mendung hitam pekat sebelum hujan deras mulai dan disertai butiran es.

"Kalau hujan esnya nggak lama, sekitar tiga sampai lima menit. Tapi hujan anginnya cukup lama ada 20 menitan," kata Aliev, saat dikonfirmasi MNC Portal, Senin malam.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan membenarkan banyak pohon yang roboh saat hujan mengguyur sore tadi. Namun pohon-pohon tersebut langsung dibersihkan warga dan relawan.

"Dari yang kami dapatkan laporan, terjadi pohon tumbang di wilayah Kendalpayak. Relawan dibantu warga sudah membersihkan batang pohon yang sempat menutup badan jalan," tukasnya.iNews Malang

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.