get app
inews
Aa Read Next : Ade Armando Babak Belur Dihajar Massa, Kapolda: Pelaku Bukan Kelompok Mahasiswa

4 Negara Paling Rajin Berikan Beasiswa ke Indonesia, dari Australia hingga Jerman

Selasa, 29 Maret 2022 | 21:44 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Siapa yang tak ingin belajar ke negeri seberang dengan beasiswa? Rasa-rasanya keinginan tersebut hampir dimiliki seluruh pelajar di dunia. Selain mendapatkan pengalaman di negeri orang, menimba ilmu di luar negeri juga memberikan kesan tersendiri dan tentunya bisa melatih kemandirian. Jangan khawatir, sebab ada beberapa negara yang memberikan akses beasiswa mudah dan melimpah bagi para pelajar asing.

Berikut 4 negara yang paling banyak memberikan beasiswa.

Australia

Australia dipandang sebagai rumah kedua bagi mahasiswa Indonesia. Sebab, Negeri Kanguru ini menjadi negara destinasi belajar paling favorit. Jumlah mahasiswa Indonesia di Australia per Juni 2021 tercatat sebanyak kurang lebih 12 ribu orang.

Sementara itu, banyak pula dari mereka yang belajar ke Australia dengan beasiswa. Berbagai universitas di Australia, seperti Universitas Melbourne, Universitas Sydney, Universitas Canberra, serta beragam universitas lain menyediakan beasiswa bagi para pelajar mancanegara.

Salah satu program beasiswa yang paling terkenal adalah Australia Awards. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang ada di Asia, Timur Tengah, dan Afrika untuk belajar ke Australia pada jenjang sarjana dan pascasarjana.

Ada banyak manfaat yang diterima oleh si penerima beasiswa ini, di antaranya adalah biaya kuliah penuh, biaya hidup selama di Australia, biaya akomodasi dari dan menuju Australia, serta dukungan kerja lapangan.

Amerika Serikat

Negara selanjutnya yang ramai menyediakan beasiswa bagi pelajar asing adalah Amerika Serikat. Universitas seperti Berkeley, Marshall dan Drew siap memberikan beasiswa. Selain itu, ada juga beasiswa Fulbright Asing, khusus bagi mereka yang akan menempuh pendidikan doktor atau magister.

Program beasiswa terkenal ini menanggung uang kuliah penerimanya secara penuh, disertai dengan biaya hidup selama di AS.

Jepang

Jepang terkenal sebagai negara dengan penduduknya yang cerdas serta kemajuan teknologi yang sangat mumpuni. Negara ini juga menjadi salah satu tujuan belajar para mahasiswa asing dari belahan dunia. Salah satunya adalah pembuat konten dan publik figure Indonesia, Jerome Polin.

Sementara itu, berbagai beasiswa tersedia bagi mereka yang ingin menimba ilmu di Jepang. Contohnya adalah beasiswa yang diberikan yayasan swasta asal Jepang dan beasiswa yang diberikan langsung oleh pemerintah Jepang yaitu MEXT.

Jerman

Berbagai jenis beasiswa bisa digunakan oleh mahasiswa Indonesia dan mahasiswa asing lainnya apabila ingin melanjutkan studi ke Jerman. Negara di Eropa Tengah ini juga memiliki fasilitas pendidikan baik, sehingga dijadikan negara tujuan belajar oleh masyarakat mancanegara.

Jenis beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Jerman adalah Erasmus Plus dan DAAD (Deutscher Akademischer Austauschdienst Academic Exchange Service).

Sementara itu, jenis beasiswa lain yang bukan beasal dari pemerintah Jerman adalah Deutschland Stipendium, KAAD Scholarship dan Kurt Hansen Science Scholarship.

*diolah dari berbagai sumber

Ajeng Wirachmi/Litbang MPI

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut