Menu Masakan Hari Raya Idul Fitri, 8 Ide Buat Hidangan Lebaran

Mutiah Nur Rahmah
Ada beberapa ide menu lebaran agar kebersamaan semakin istimewa (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsMalang.id - Tak lama lagi, hari raya Idul Fitri tiba. Salah satu yang paling identik dengan hari raya umat Islam tersebut adalah sajian masakan yang khas.

Momen Kebersamaan menjadikan Lebaran semakin istimewa. Oleh karena itu, berbagai sajian pun disiapkan untuk menemani kebersamaan dengan orang-orang terdekat saat Lebaran.

Salah satu masakan yang wajib hadir meriahkan saat lebaran yaitu ketupat. Biasanya disajikan dengan aneka lauk yang menemani, seperti sayur opor, sambal goreng kentang dan ati, rendang dan masih banyak lagi.

Berikut delapan ide menu masakan hari raya idul fitri yang wajib hadir saat lebaran untuk melengkapi ketupat.

8 Ide Menu Masakan Hari Raya Idul Fitri

1. Opor Ayam

Saat lebaran tiba, opor ayam merupakan salah satu menu wajib yang harus ada. Opor ayam yaitu menu masakan yang hampir mirip dengan kari ayam. Bedanya, opor ayam dimasak dengan berbagai rempah-rempah khas Indonesia seperti kunyit, daun jeruk, ketumbar, kemiri, kencur, serai dan tak lupa juga santan.

2. Rendang

Siapa yang tak kenal rendang? Masakan khas Minangkabau, Sumatera Barat ini selalu hadir ketika menyambut momen hari raya besar, baik Idul Fitri atau pun Idul Adha. Masakan berbahan dasar daging sapi dengan santan, bumbu-bumbu dan rempah yang beragam ini memiliki cita rasa yang khas. Tak heran, masakan satu ini pun pernah dinobatkan sebagai kuliner terenak di dunia menurut CNN.

3. Sambal Goreng Ati dan Kentang

Masakan yang satu ini terbuat dari hati ayam atau hati sapi dan kentang. Dimasak dengan cara menumis hati ayam atau sapi yang sudah direbus dengan menggunakan bumbu pedas. Bagi yang menyukai petai, boleh ditambahkan untuk membuat sambal goreng ati lebih sedap. Masyarakat Indonesia lebih sering menyebut masakan ini sambal goreng kentang atau sambel goreng ati. 

4. Semur Daging

Berbeda dengan rendang, semur daging memiliki cita rasa manis yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dipotong membentuk kotak dadu kecil. Untuk membuat semur daging tidak terlalu banyak bumbu rempah yang dipakai seperti rendang, hanya memerlukan jahe, daun salam, bawang merah dan putih, merica, cabai dan kecap manis.

5. Kentang Mustofa

Memiliki nama yang unik, asal mula kentang mustofa yaitu karena ada salah satu chef bernama Opo Mustopa yang pernah menyajikan makanan untuk presiden dari olahan sisa kentang. 

Kentang mustofa dibentuk kecil-kecil seperti korek api dan digoreng kering sebelum dimasak menggunakan bumbu balado. Untuk melengkapinya, biasanya kentang mustofa dibuat bersama kacang atau ikan teri kecil-kecil.

6. Lontong Sayur

Lontong sayur sering ditemukan menjadi menu masakan untuk sarapan di pagi hari. Tapi, beberapa keluarga juga menyajikan lontong sayur pada saat lebaran untuk menemani ketupat atau lontong. Lontong sayur biasanya dibuat dengan tambahan potongan telur rebus atau tahu cokelat menggunakan bumbu kuning dan labu siam serta kacang panjang.

7. Sayur Krecek

Sayur krecek adalah masakan berbahan dasar kerupuk kulit sapi yang direbus dengan bumbu kuning dan rempah merica, ketumbar, lengkuas, jahe, bawang merah dan putih serta cabai yang dihaluskan. Menu masakan yang tergolong murah meriah ini juga bisa menjadi ide menu masakan bagi Celeb Hitz saat perayaan Hari Raya Idul Fitri.

8. Ayam Woku

Sajian ayam berbumbu kuning pedas yang harum dengan bahan pelengkap seperti daun pandan, daun kunyit, daun kemangi, daun jeruk, dan serai yang menjadikannya penuh akan bumbu. Menu masakan ini juga cocok menjadi hidangan saat perayaan lebaran yang disajikan dengan nasi hangat atau ketupat.

Itu dia 8 ide menu masakan hari raya idul fitri yang bisa Celeb Hitz coba untuk menjadi hidangan pelengkap saat merayakan hari lebaran. Ikuti terus berita terbaru lainnya, hanya di celebrities.id. iNews Malang

 

 

 

Editor : Arif Handono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network