get app
inews
Aa Read Next : Bahasa Walikan Khas Malang Jadi Sandi Khusus Pejuang Pertahankan Kemerdekaan Indonesia

Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dan Peristiwa Penting Sejarahnya

Jum'at, 12 Agustus 2022 | 11:06 WIB
header img
Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia oleh Bung Karno ( Foto :Ist)

JAKARTA, iNewsMalang.id - Teks proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 menjadi bagian bersejarah dari kemerdekaan Indonesia. Pembacaan teks proklamasi kemerdekaan dilaksanakan di halaman rumah Soekarno yang beralamat di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta. Teks proklamasi tersebut dibaca langsung oleh Soekarno yang didampingi oleh Mohammad Hatta pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 tepat pada pukul 10.00 WIB.

Teks proklamasi kemerdekaan berhasil dibaca pada 17 Agustus, terjadi beberapa peristiwa penting. Pertama, kekalahan Jepang dalam Perang Asia Timur Raya akibat Kota Hiroshima dan Nagasaki dijatuhi bom atom oleh Amerika Serikat sehingga Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945. Lalu, peristiwa Rengasdengklok yang dilatarbelakangi perbedaan pendapat antara golongan muda dan golongan tua untuk melaksanakan waktu proklamasi. Menurut golongan muda, saat itu adalah waktu yang tepat untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Namun, usulan tersebut ditolak oleh Soekarno sehingga pada tanggal 16 Agustus 1945, golongan pemuda memutuskan untuk membawa Soekarno dan Mohammad Hatta ke Rengasdengklok. Tujuannya agar segera memproklamasikan kemerdekaan tanpa dipengaruhi oleh Jepang. 

Pada hari yang sama juga terjadi pertemuan antara golongan muda dan golongan tua di Jakarta. Golongan pemuda diwakili oleh Wikana, dan golongan tua diwakili oleh Mr Achmad Soebardjo. Mereka pun sepakat membawa kembali Soekarno dan Mohammad Hatta ke Jakarta untuk melaksanakan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan waktu paling lambat pukul 12.00 WIB. Pada tanggal 16 Agustus 1945 tengah malam, rombongan Soekarno dan Mohammad Hatta tiba di Jakarta. Mereka menuju rumah Laksamana Tadashi Maeda untuk menyusun teks proklamasi kemerdekaan. Laksamana Maeda adalah perwira Jepang yang mendukung kemerdekaan Indonesia.

Teks proklamasi disusun oleh Soekarno, Mohammad Hatta, dan Mr Achmad Soebardjo dan selesai sekitar pukul 04.00 pagi. Sukarni mengusulkan bahwa teks proklamasi ditandatangani oleh Soekarno dan Mohammad Hatta atas nama bangsa Indonesia Teks proklamasi diketik oleh Sayuti Melik dengan penulisan yang lebih baku. Kemudian teks proklamasi kemerdekaan dibaca pada tanggal 17 Agustus 1945 oleh Soekarno dan didampingi Mohammad Hatta. Makna Proklamasi Kemerdekaan Proklamasi kemerdekaan memiliki beberapa makna penting, di antaranya sebagai berikut:

  • Proklamasi kemerdekaan merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan.
  •  Pada akhirnya, bangsa Indonesia terlepas dari penjajahan banga asing.
  • Proklamasi kemerdekaan menandai lahirnya negara Indonesia.
  • Proklamasi kemerdekaan Indonesia mempersatukan rakyat Indonesia tanpa membedakan latar belakang, baik asal daerah maupun golongan.  

Itulah isi naskah teks proklamasi kemerdekaan dan sejarah singkatnya yang perlu kamu ketahui sebagai bangsa Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya, selamat belajar.

 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut