Negara yang Menggunakan Dinar dan Dirham Sebagai Mata Uang

Aiq Haidar
.
Jum'at, 26 Agustus 2022 | 07:05 WIB
Mata Uang Dinar dan Dirham Sebagai Alat Tukar di Sejumlah Negara Timur Tengah ( Foto : MNC Media)

JAKARTA, iNewsMalang.id - Negara yang menggunakan dinar dan dirham dipertanyakan oleh masyarakat Indonesia. Sebagian dari mereka beranggapan bahwa mata uang tersebut merupakan mata uang umat Islam.

Hal tersebut didasari atas perspektif dinar dan dirham yang berkembang menjadi alat tukar pada abad pertengahan saat Islam sedang berjaya.

Lantas, apa saja negara yang menggunakan dinar dan dirham sebagai alat tukar dan mata uang? Berikut ini telah kami himpun informasinya dari berbagai sumber tepercaya.

Daftar Negara yang Menggunakan Dinar

Perlu Anda ketahui jika saat ini sudah tercatat 9 Negara yang Menggunakan dinar sebagai mata uang dan alat transaksi mereka. Berikut daftar negaranya:

Aljazair

Bahrain

Irak

Yordania

Kuwait

Libya

Serbia

Republik Makedonia

Tunisia

Daftar Negara yang Menggunakan Dirham

Adapun daftar negara yang menjadikan dirham sebagai mata uang mereka. Diketahui jika dirham merupakan mata uang yang muncul pada era Kekaisaran Utsmaniyah di Persia. Berikut daftar negara yang menggunakan Dirham:

Uni Emirat Arab

Irak

Qatar

Yordania

Maroko

Libya

Tajikistan

Demikianlah ulasan singkat tentang daftar negara yang menggunakan dinar dan dirham sebagai alat transaksi di kehidupan sehari-hari. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda.

Editor : Arif Handono
Bagikan Artikel Ini