Istilah Alter di Twitter, Sebagai Media Keluh Kesah yang Tidak Menunjukkan Karakter Asli si Pengguna

Wiwie Heriyani
.
Minggu, 25 September 2022 | 12:18 WIB
Memahami istilah alter di Twitter (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsMalang.id - Kata alter bikin penasaran pengguna media sosial. Yakni arti kata alter yang viral di Twitter. Tak sedikit dari mereka yang mencari tahu akan hal tersebut.

Saat ini dengan segala fasilitas teknologi canggih, masyarakat tidak hanya melek terhadap kecanggihan teknologi, juga mulai eksis dalam dunia media sosial. 

Dengan kecanggihannya, membuat siapapun bebas berselancar di media sosial. Mulai dari di Facebook, Instagram, hingga media sosial favorit kaum milenial yakni Twitter. 

Twitter merupakan salah satu media sosial yang cukup familiar. Saat ada sesuatu yang sedang ramai dibicarakan (trending) maka Twitter bisa jadi patokannya. 

Semua hal serius dan receh sering kali dibahas di Twitter dimulai dari politik, agama, hiburan, skandal, hingga cerita menarik dan inspiratif.

Tak hanya berisi informasi-informasi bermanfaat dan lucu, ternyata masih banyak istilah-istilah asing yang kerap muncul di timeline Twitter. Apalagi, untuk yang baru saja menggunakan Twitter. 

Salah satu istilah yang kerap muncul dan viral di Twitter adalah alter. Lantas, apa arti dari kata alter? Berikut penjelasannya, dikutip dari berbagai sumber, Minggu, (25/9/2022).

Arti kata alter yang viral di Twitter 

Dalam Bahasa Inggris, Alter sebenarnya memiliki makna mengubah. Dalam Oxford Dictionary, kata Alter diartikan sebagai “to become different; to make somebody/something different”, yang maknanya membuat seseorang/sesuatu menjadi berbeda.

Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, kata alter diartikan sebagai istilah dalam teori tindakan untuk menyebut pihak kedua atau orang yang menjadi lawan berinteraksi dari pihak pertama.

Namun, di luar pengertiannya secara umum, kata alter yang viral di Twitter ternyata memiliki arti mengubah kepribadian seseorang melalui akun-akun media sosial.

Alter berkaitan dengan akun-akun ganda para pengguna media sosial yang memiliki fungsi, tujuan, bahkan pencitraan yang berbeda atau bertolak belakang dengan akun utamanya.

Dengan kata lain, alter bisa dimaknakan sebagai sebuah perubahan identitas dalam media sosial seseorang. 

Biasanya, akun-akun alter baik itu di Twitter maupun media sosial lainnya, digunakan sebagai media keluh kesah, menampilkan sisi lain dari pengguna akun alter tersebut, ataupun sekedar mengekspresikan diri yang tidak menunjukkan karakter asli si pengguna.

 

 

Editor : Arif Handono
Bagikan Artikel Ini