get app
inews
Aa Read Next : 8 Penumpang Dilarikan ke RS, Penyebab Bus Tentrem Terguling di Jalan Tol Terungkap

250 Ribu Kendaraan Diprediksi Padati Tol, Simak Tips Mudik agar Selamat Sampai di Kampung Halaman

Sabtu, 06 April 2024 | 08:30 WIB
header img
Dokumen arus mudik 2023. Pemudik diminta memperhatikan kondisi kendaraan dan saldo e-Toll agar tidak menimbulkan kemacetan. (Foto: Dok/SINDOnews)

 

  • Kendati tampak sepele, yakni saldo kartu tolnya tidak cukup (kurang). Pada mudik Natal dan Tahun Baru 2024, Jasa Marga mencatat terdapat 28.000 pengguna tol mengalami "saldo kurang". Saat saldo kurang, otomatis ada waktu jeda bagi pengguna untuk mengisi saldo kartu tolnya. Ingat, karena sistem transaksi tertutup, konsumen tidak bisa meminjam kartu tol milik pengguna tol lainnya, sehingga konsekuensinya harus top-up di pintu tol. Dampaknya kendaraan di belakangnya tidak bisa lewat dan akhirnya memicu kemacetan panjang. Oleh karena itu, pemudik harus memastikan bahwa saldo kartu tolnya cukup, apalagi saat ini beberapa ruas jalan tol di Trans-Jawa sudah mengalami kenaikan tarif, mulai ruas Jakarta-Cikampek sampai ruas Surabaya-Gresik. Pengguna harus mengisi (top-up) kartu tolnya, setidaknya 30-40 persen dari tarif semula, untuk mengantisipasi kekurangan saldo.
  • Pengguna tol sebaiknya melakukan manuver untuk berpindah ke jalan arteri (jalan nontol), jika jalan tol benar-benar sudah stagnan, tak bergerak, termasuk beristirahat di rest area di kawasan nontol. Begitupun saat di rest area, usahakan tidak lebih dari 30 menit, agar bisa bergantian dengan pengguna tol lainnya. Salah satu pemicu utama kemacetan di jalan tol adalah aktivitas dan mobilitas di rest area. Untuk mengantisipasi hal ini, diharapkan pengguna jalan tol sudah menyediakan logistik yang cukup untuk bekal di perjalanan. Transaksi pembelian yang lama (karena antre) memicu penumpukan di rest area dan pada akhirnya menimbulkan kemacetan di jalan tol.
  •  

    Selamat mudik, mudik selamat.

     

     

    Editor : Arif Handono

    Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
    iNews.id
    iNews Network
    Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut