get app
inews
Aa Read Next : Operasi Zebra Semeru 2024, Polres Malang Fokus Tekan Angka Kecelakaan Jelang Pelantikan Presiden

Jadwal Debat Publik Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Malang 2024 Digelar Tiga Kali

Senin, 14 Oktober 2024 | 18:08 WIB
header img
KPU laksanakan penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Malang. Foto: Ron Ron/iNewsMalang.id

MALANG, iNewsMalang.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang, Jawa Timur, akan menyelenggarakan debat publik untuk pasangan calon (paslon) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang 2024 sebanyak tiga kali. Debat dijadwalkan sekali pada bulan Oktober dan dua kali pada bulan November 2024.

 

Komisioner KPU Kabupaten Malang, Marhaendra Pramudya Mahardika, mengungkapkan bahwa debat publik pertama akan berlangsung pada Jumat, 25 Oktober 2024. Debat kedua dijadwalkan pada Jumat, 8 November, dan debat terakhir pada Jumat, 22 November 2024.

 

"Tempat debat publik akan diselenggarakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Malang, Jalan Panji Nomor 119, Penarukan, Kecamatan Kepanjen," jelasnya saat dikonfirmasi (14/10/2024)

 

Mahardika menambahkan, KPU telah menyiapkan sejumlah tema yang akan disampaikan oleh masing-masing paslon. Setiap debat akan memiliki tema yang berbeda. Tema debat pertama adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan daerah.

 

Tema pada debat kedua meliputi peningkatan pelayanan kepada masyarakat serta penyelesaian persoalan daerah. Sedangkan tema debat ketiga adalah menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah Kabupaten Malang dengan Provinsi Jawa Timur dan Nasional, serta memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Pihaknya menjelaskan bahwa ada enam segmen yang akan dilalui oleh para paslon dalam setiap debat. Segmen pertama mencakup pembukaan, pembacaan tata tertib, serta penyampaian visi, misi, dan program paslon. Segmen kedua dan ketiga adalah pendalaman visi, misi, dan program oleh moderator. Segmen keempat dan kelima adalah tanya jawab serta sanggahan antar paslon. Segmen keenam merupakan closing statement dari masing-masing paslon.

 

Saat ini, KPU Kabupaten Malang telah menetapkan dua paslon untuk Pilkada Kabupaten Malang 2024, yaitu paslon nomor urut 1, M Sanusi-Lathifah Shohib, dan paslon nomor urut 2, Gunawan HS-Umar Usman. 

Pasangan Sanusi-Lathifah diusung oleh tujuh partai politik, antara lain PKB, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai NasDem, Partai Gelora, PSI, dan PPP. Sementara itu, pasangan Gunawan-Umar diusung oleh empat partai politik, yaitu Partai Golkar, PKS, Partai Hanura, dan Partai Demokrat.

Editor : Saif Hajarani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut