get app
inews
Aa Read Next : Ini Koleksi Mobil Mewah Ferdy Sambo

5 Klub Milik Taipan Rusia, Klub Apa Saja dan Bagaimana Nasibnya?

Senin, 07 Maret 2022 | 09:21 WIB
header img
Klub milik Taipan Rusia

LONDON, InewsMalang.id – Imbas dari konflik antara Rusia dan Ukraina yang dikecam banyak negara, ternyata berbuntut kepada klub bola yang dimiliki oleh para taipan Rusia. Pemilik klub Chelsea, Roman Abramovich, telah memutuskan untuk menjual The Blues. Milarder asal Rusia itu terpaksa menjual klub tersayangnya itu karena pengaruh konflik Rusia-Ukraina.

Kendati demikian, perlu diketahui bahwa ada lima klub Eropa lainnya yang juga dimiliki oleh taipan asal Rusia. Bagaimana nasib yang terjadi kepada klub tersebut mengingat invasi Rusia sangat dibenci di banyak negara Eropa terkhusus Inggris?

1. AFC Bournemouth (Maxim Demin)

Setidaknya ada dua klub di Inggris yang diketahui dimiliki oleh pengusaha asal Rusia. Selain Roman Abramovich di Chelsea ada juga Maxim Demin yang memiliki saham di klub kasta kedua Liga Inggris, AFC Bournemouth.

Klub tersebut bahkan menjadi salah satu yang terkuat yang menempati peringkat ketiga klasemen Liga Championship musim ini. Namun untungnya, Demin dikabarkan masih dalam kondisi yang aman karena tidak memiliki hubungan dekat dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, seperti Abramovich. Artinya dia tidak akan terancam sanksi dari pemerintah Inggris saat ini.

 

2. AS Monaco (Dmitry Rybolovlev)

AS Monaco adalah klub bergengsi yang dimiliki oleh miliarder asal Rusia setelah Roman Abramovich. Rybolovlev telah membeli saham Monaco pada Desember 2011 lalu.

Rybolovlev tetap mempertahankan kepemilikan 66,6 persen sahamnya di Monaco yang menggunakan nama anaknya, Ekaterina. Namun dia bisa saja terancam sanksi dari pemerintah Prancis yang juga mengecam atas invasi Rusia. Untungnya namanya diketahui bersih dari keterlibatan tersebut.

 

3. Cercle Brugge (Dmitry Rybolovlev)

Klub asal Belgia ini rupanya masih dalam satu kepemilikan yang sama, Dmitry Rybolovlev. Brugge merupakan klub bergengsi di kasta tertinggi Liga Belgia.

Mereka saat ini tengah berada di peringkat kedua klasemen liga musim ini. Rybolevlev bisa saja menguangkan klub tersebut jika namanya masuk dalam daftar sanksi pemerintah Belgia atas invasi Rusia.

 

4. Vitesse Arnhem (Valeriy Oyf)

Sosok pengusaha Rusia lainnya juga merambah ke Liga Belanda, Vitesse Arnhem. Sosok taipan Rusia yang dimaksud adalah Valeriy Oyf.

Nama Oyf juga masih dalam catatan aman karena belum masuk dalam 26 pengusaha yang dikenai sanksi oleh Eropa karena konflik Rusia-Ukraina. Namun namanya bisa saja terancam karena dikenal dekat dengan Abramovich.

 

5. FC Krasnodar (Sergey Galisky)

FC Krasnodar adalah klub anyar dari Rusia yang didirikan oleh Sergey Galisky pad 2008 lalu. Mereka merupakan tim elit yang tengah berada di kasta tertinggi Liga Rusia.

Mereka telah menjadi tim yang pernah menjamu Chelsea di babak penyisihan grup Liga Champions musim lalu. Galisky merupakan pengusaha yang juga memiliki kapal pesiar menyaingi Abramovich.

Akan tetapi belum diketahui apakah namanya akan menjadi sasaran dari Amerika Serikat, Joe Biden, yang dikabarkan berpotensi untuk menyita aset Galisky menurut Mirror. Belum diketahui alasan jelas tentang hal tersebut.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut