get app
inews
Aa Read Next : Ana Maulidiyah, Santriwati Ponpes Mansyaul Ulum Juarai Lomba Baca Kitab Se-Asia Tenggara

10 Akademisi Jadi Panelis Debat Publik Perdana Paslon Bupati dan Wakil Bupati Malang

Rabu, 23 Oktober 2024 | 12:58 WIB
header img
KPU laksanakan penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Malang. Foto: Ron Ron/iNewsMalang.id

MALANG, iNewsMalang.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang telah mengumumkan daftar panelis untuk debat publik calon Bupati dan Wakil Bupati Malang yang akan berlangsung pada Jumat, 25 Oktober 2024.

 

Dalam keterangan resminya (22/10/2024) Komisioner KPU Kabupaten Malang, Marhaendra Pramudya Mahardika, mengungkapkan bahwa sepuluh panelis yang terpilih berasal dari kalangan akademisi. 

 

Diantara panelis tersebut adalah Rektor Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd, serta Wakil Rektor I Universitas Al-Qolam Malang, Achmad Beadie Busyroel Basyar, M.Pd.I. Juga hadir Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Raden Rahmat Malang, Dr. M. Yusuf Azwar Anas, SE., MM, 

 

Selanjutnya, Direktur Politeknik Negeri Madura, Laily Ulfiyah, M.T, Akademisi Ilmu Hukum Pasca Sarjana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Dr. Sri Setyadji, SH., M.Hum, dan Dosen Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Karuniawan Puji Wicaksono, S.P., M.P., Ph.D, dan Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Malang, Yuventia Prisca, S.Sos., M.Fil, 

 

Kemudian, Dosen Ilmu Sosiologi Universitas Brawijaya, I Wayan Suyadnya, SP., M.Sos, Dosen Hukum Agraria Universitas Brawijaya, Dr. Herlindah, S.H., M.Kn, Akademi Pemilu dan Demokrasi Manajer Pendidikan Yayasan Al Ghazali, Titin Wahyuningsih, S.Ag,. M. Si.

 

Tema debat publik pertama ini adalah Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Memajukan Daerah.

 

"Debat akan berlangsung selama 120 menit, terbagi dalam enam segmen, mulai pukul 19.00 hingga 21.00 WIB di ruang rapat Paripurna DPRD Kabupaten Malang, Kecamatan Kepanjen," ujar Dika sapaan akrabnya.

 

KPU membatasi kehadiran peserta di lokasi debat menjadi 116 orang, terdiri dari 15 tim kampanye dan 25 pendukung. 

 

"Bagi masyarakat yang tidak dapat hadir secara langsung, debat ini akan disiarkan melalui kanal YouTube KPU Kabupaten Malang," imbuhnya 

 

KPU Kabupaten Malang juga merencanakan tiga sesi debat publik untuk Pilkada 2024. Setelah tema pertama, tema kedua akan membahas "Meningkatkan Pelayanan kepada Masyarakat," sedangkan tema ketiga akan berfokus pada "Menyerasikan Pembangunan Daerah."

 

Debat pertama dijadwalkan pada 25 Oktober 2024, diikuti debat kedua pada 8 November dan debat terakhir pada 22 November 2024.

 

Para peserta debat diwajibkan hadir 60 menit sebelum acara dimulai dan mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan, termasuk menjaga fokus pada tema dan tidak menyerang pribadi kandidat lain.

 

Dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan beradu argumen adalah M. Sanusi-Lathifah Shohib (paslon nomor urut 1) yang diusung oleh tujuh partai, serta Gunawan HS-Umar Usman (paslon nomor urut 2) yang didukung oleh empat partai politik.

Editor : Saif Hajarani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut