get app
inews
Aa Read Next : Ade Armando Babak Belur Dihajar Massa, Kapolda: Pelaku Bukan Kelompok Mahasiswa

Ustadz Yusuf Mansur: Berdasar Kitab Sulamun Nayyirain, 1 Ramadan pada 2 April 2022

Sabtu, 02 April 2022 | 18:22 WIB
header img
Ustadz Yusuf Mansur

Malang, iNewsMalang.id- Kemenag RI menyatakan bahwa 1 Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada 3 April 2022. Dengan begitu, terdapat perbedaan awal Ramadan antara Muhammadiyah dan Pemerintah. Muhammadiyah akan mulai melaksanakan puasa pada Sabtu 2 April 2022.

Terkait penetapan awal Ramadan tahun ini, Ustadz Yusuf Mansur (UYM) punya pandagan mengacu pada perhitungan kalender yang dibuat oleh KH Muhammad Mansur Kampung Sawah, Jembatan Lima, Jakarta Barat. Cara menghitung kalender tersebut tertuang dalam Kitab Sulamun Nayyirain tentang ilmu falaq.

“Kitab itu dipakai di banyak pesantren di tanah air, terima kasih kepada pesantren yang masih mempelajarinya dan menjadikan rujukan dan ilmu yang dijaga sebagai warisan para ulama,” ucap Yusuf Mansur dalam rekaman suara yang diterima Okezone, Jumat

UYM menjelaskan, Kitab Sulamun Nayyirain menjelaskan rumus-rumus cara menghitung tentang waktu. “Waktu masih hidupnya beliau ngitung gerhana bulan dan gerhana matahari dan presisi. Mulai dari menit detiknya, pagi atau siangnya itu aseli sangat presisi, padahal tanpa teknologi,” ucapnya.

Berdasar kitab tersebut, lanjut UYM malam ini tanggal 1 April 2022 sudah mulai tarawih dan besoknya tanggal 2 April mulai puasa Ramadan.( iNews Malang )

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut