Menjajaki Tantangan Dunia Pendidikan di Era Revolusi Berbasis Digital

I Gede Alfian Septamiarsa*
Ilustrasi. foto:dok

PERUBAHAN dalam dunia pendidikan saat ini tidak terelakan. Hal ini diikuti dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat. 

Pada era revolusi berbasis digital saat ini, segalanya semakin dimudahkan. Adanya Internet of Things (IoT) membuat jarak yang dulu terasa jauh sekarang menjadi terasa dekat. 

Hanya melalui smart phone, kita bisa mendapatkan yang diinginkan. Sebagai contoh, ketika belanja tidak perlu keluar rumah, pesan makanan tidak perlu ke rumah makannya langsung, pesan ojek tidak harus ke pangkalan ojek. Selain itu pesan hotel tidak harus pergi ke hotel, pesan tiket tidak harus ke loket tiket. Semuanya cukup pesan lewat gadget yang kita miliki. 

I Gede Alfian Septamiarsa. Foto:IST

Berbagai informasi dari belahan dunia lain juga dapat kita akses dengan cepat dan mudah. Berita-berita aktual tentang perkembangan dunia bisa kita dapatkan hanya dengan membuka internet kapanpun dan di manapun. Sekarang ini dunia seperti berada di genggaman kita.

Hal inilah yang membuat dunia pendidikan memiliki tantangan tersendiri terhadap perkembangan teknologi yang begitu pesat. Pendidikan sebagai tempat untuk menyampaikan ilmu pengetahuan dan membentuk peradaban adalah agen perubahan. 

Editor : Arif Handono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network