get app
inews
Aa Read Next : Inilah Jurus Jitu Shin Tae-yong di Piala Asia U-23, Target Selanjutnya Kalahkan Uzbekistan

Yuk, Kenali Cara Mengatasi Keinginan Bunuh Diri, Nomor 1 Dukungan dari Orang Terdekat

Sabtu, 16 Desember 2023 | 19:50 WIB
header img
Ilustrasi pencegahan bunuh diri. Foto adalah dokumentasi penyelidikan kasus bunuh diri sekeluarga di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Foto:Dok iNews Network

MALANG, iNewsMalang.id - Dua kasus bunuh diri menggemparkan Malang Raya. Ada sekeluarga ditemukan tewas di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, dan seorang mahasiswi melompat dari lantai 12 gedung Fakultas Ilmu Komputer (Fikom) Universitas Brawijaya. Orang-orang terdekat sebenarnya bisa mencegah terjadinya bunuh diri. Orang yang yang memiliki pikiran untuk bunuh diri disebut Suicidal Thought. Kementerian Kesehatan melalui laman Dokter Sehat sudah membuat berbagai cara agar keinginan bunuh diri bisa diatasi oleh diri sendiri maupun lingkungan. Seperti apa cara mengatasi keinginan bunuh diri?

 Berikut cara mengatasi keinginan bunuh diri seperti dilansir laman Dokter Sehat dikutip Sabtu (16/12/2023):

1. Dukungan dari Orang Terdekat

Dukungan terus-menerus dari orang terdekat bisa mengurangi keinginan seseorang untuk mengakhiri hidup. Mengutip Medical News Today, orang dengan suicidal thought cenderung tidak jadi bunuh diri saat menerima dukungan berkelanjutan. Dengan dukungan orang dekat, orang tersebut lebih mudah mendapatkan perawatan profesional untuk menangani masalah gangguan mental yang dialami. Orang terdekat juga bisa memastikan bahwa ia tetap berhubungan baik dengan orang-orang di sekitarnya. Pada akhirnya, hal ini akan membantu orang dengan suicidal thought lebih memaknai hidupnya.

2. Perencanaan Keselamatan

Jika Anda sudah melihat tanda-tanda suicidal thought pada orang terdekat, cobalah untuk melakukan perencanaan keselamatan. Hal ini tindakan pencegahan jangka pendek yang bisa mengurangi keinginan seseorang untuk bunuh diri. Tindakan yang bisa dilakukan yaitu membatasi aksesnya dengan hal-hal yang berbahaya, seperti zat beracun, senjata, dan obat-obatan di rumah.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut