get app
inews
Aa Read Next : Warga Surabaya Hilang 3 Bulan di Malang, Ternyata Korban Mutilasi Tukang Pijat

Reka Ulang Pembunuhan Disertai Mutilasi di Kota Malang, Tersangka Diteriaki Emak-emak

Selasa, 23 Januari 2024 | 21:52 WIB
header img
James memeragakan masuk ke dalam rumah, tempat dia diduga membunuh istrinya. Foto: Avirista Midaada

James memperagakan bagaimana ia dan istrinya Ni Made Sutarini (55) tiba setelah dijemput dari sebuah acara di Taman Krida Budaya (TKB) Jalan Soekarno-Hatta. Cekcok mulut terjadi ketika keduanya tiba di rumah. Terlihat pada adegan kedua bagaimana James membuka pagar rumah, dan meminta istrinya untuk masuk ke dalam rumah.
Di dalam area rumah, keduanya terlibat cekcok hingga akhirnya James membunuh dan memutilasi istrinya menjadi 10 bagian. James kemudian dimasukkan ke dalam ember dan beberapa kantong plastik besar.

Pembunuhan tersebut diduga dilakukan James Loodewyk Tomatala (61) kepada istrinya pada Sabtu (30/12/2023) siang. Kemudian, tersangka yang merupakan pensiunan pegawai PLN kebingungan menyembunyikan mayat istrinya. Dengan menggunakan sebilah pisau besar (parang) dan pisau kecil, tersangka memutilasi tubuh korban menjadi 10 bagian. Kemudian, potongan tubuh korban dimasukkan ke dalam ember yang ada di halaman rumah. Perbuatan keji tersebut terungkap setelah tersangka menyerahkan diri ke Polsek Blimbing pada Minggu (31/12/2023) sekitar pukul 08.45 WIB.

Polisi langsung mendatangi lokasi rumah tersangka dan melakukan olah TKP. Sementara itu, jenazah korban dievakuasi ke Kamar Mayat Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang. Dari hasil penyelidikan, masalah rumah tangga menjadi motif tersangka menghabisi nyawa korban.

Atas perbuatannya, tersangka James Loodewyk Tomatala dijerat dengan pasal berlapis, yakni Pasal 351 ayat (3) KUHP subsider Pasal 338 KUHP subsider Pasal 340 KUHP subsider Pasal 44 ayat (3) UU RI No. 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga, dengan ancaman hukuman mati atau seumur hidup.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut