get app
inews
Aa Read Next : Ade Armando Babak Belur Dihajar Massa, Kapolda: Pelaku Bukan Kelompok Mahasiswa

Hari Raya Nyepi, Ini Surat Edaran Aturan Perayaan Nyepi di Saat Pandemi

Rabu, 02 Maret 2022 | 15:00 WIB
header img
Pelaksanaan ritual Pelaksanaan Tawur Agung Kesanga Nasional di Pelataran Candi Prambanan pada Rabu  tanggal 2 Maret 2022 secara teknis diserahkan sepenuhnya kepada Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Jawa Tengah, tetapi tetap berkoordinasi dengan Panitia  Nasional Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944. Foto: iNews/Saeful Efendi.

Seperti termaktub di surat edaran di atas, ratusan umat Hindu di DIY dan Jawa Tengah mengelar upacara ritual Tawur Agung Kesanga di Pelataran Candi Prambanan, Klaten, Selasa (2/3/2022). tradisi ini dilaksanakan menjelang perayaan hari Raya Nyepi.  Upacara ini ini diikuti 800 umat Hindu dari perwakilan di Jawa Tengah dan Yogyakarta (PHDI Jawa Tengah).

Acara diawali dengan prosesi mendak tirta dan bethara atau berkeliling mengitari pelataran Candi Prambanan. Berbeda dengan tahun-tahun biasanya, pelaksanan Tawur Agung tidak mengunakan ogoh-ogoh yang selama ini ditampilkan dalam upacara.  Sedangkan tema kegiatan adalah aktualisasi nilai-nilai Tat Twam Asi dalam moderasi beragama untuk menuju Indonesia tangguh.

Ini merupakan doa keselamatan bangsa agar pandemi Covid-19 segera sirna, negara aman damai dan pemerintah bisa segera meningkatkan pembangunan menuju Indonesia tangguh. “Tema kegiatan ini berupa aktualisasi nilai-nilai Tat Twam Asi menuju keselamatan bangsa agar pandemi Covid-19 berakhir,” kata salah satu panitia, Suparman.

Tawur Agung Kesanga merupakan upacara bhutayadnya yang dilakukan untuk kesejahteraan dan keselasaran alam. Dengan makna untuk memotivasi umat Hindu secara ritual dan spritual agar alam senantiasa menjadi sumber kehidupan.  Selain itu juga bermakna melepaskan sifat-sifat serakah yang melekat pada diri manusia. Rencananya usai pelaksaan Tawur Agung, besok umat Hindu akan melaksanakan brata penyepian di rumah dan pura masing-masing.
 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut