get app
inews
Aa Read Next : Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku pada Ternak Terpusatkan di 6 Kabupaten, 4 Diantaranya dari Jatim

Menyebar lewat Angin, Jatim Darurat Wabah PMK, Guru Besar UGM Minta Sapi Jatim Diisolasi

Senin, 09 Mei 2022 | 22:36 WIB
header img
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat melihat kondisi sapi di salah satu peternakan milik seorang warga di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Sabtu (7/5/2022) (Foto : Antara/HO-Biro Adpim Jatim)

 "Proses penularannya melalui lendir serta angin, sehingga memungkinkan cepat terjadi penularan sesuai radius arah  angin. Kalau satu terkena PMK, maka satu kandang berpotensi tertular. Isolasi berbasis  kandang dan karantina berbasis  kandang pula. Seluruh ternak yang terkonfirmasi PMK jangan ada pergerakan ke luar sementara  yang dari luar jangan masuk," ujar Gubernur Khofifah kembali mengingatkan.

Untuk memaksimalkan proteksi, Gubernur Khofifah meminta agar pasar hewan di 4 kabupaten tersebut ditutup sementara. Alhamdulillah dua pasar hewan di Lamongan telah ditutup sementara.

"Yang disampaikan oleh Keswan (Kesehatan Hewan) penularan ini awalnya  terjadi di pasar hewan. Kemungkinan penularan ini didapat dari kambing atau domba yang diimpor secara ilegal dari negara yang belum bebas PMK," kata Khofifah.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menambahkan bahwa pihaknya telah mengambil langkah-langkah komprehensif sesuai SOP yang sudah ditentukan terhadap 140 sapi yang dilaporkan terjangkit PMK. "Saat ini proses pemulihan nanti kita akan observasi lagi selama 14 hari. Seluruh pasar hewan sudah kamu tutup, yang besar-besar ada 2. Termasuk yang temporer," kata Yuhronur.  iNewsMalang


 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut