get app
inews
Aa Read Next : 10 Keutamaan Menikahi Janda Dalam Islam, No 10 Bisa Jadikan Lebih Sabar

Dicap Anti-Islam, Jenderal Kopassus Ini saat Meninggal Dibacakan Syahadat di Telinganya

Senin, 14 Maret 2022 | 23:45 WIB
header img
Jenderal (Purn) Leonardus Benyamin (Benny) Moerdani merupakan legenda sekaligus tokoh dalam dunia militer dan intelijen Indonesia. Sepak terjangnya di medan operasi tak perlu diragukan lagi. Foto/Wikipedia/Sindonews

Tidak ada perintah dinas atau tugas. Benny lalu memintanya menemani ke sebuah tempat di Nganjuk, tetangga Kota Madiun. Usut punya usut, Benny hendak mengecek renovasi masjid. Dia ternyata pendana utamanya. Kenapa Benny Moerdani yang Katolik begitu perhatian kepada masjid di Nganjuk? Ternyata di belakang masjid itu terdapat makam leluhur Benny, yang beragama Islam. Pendapat sejumlah tokoh yang mengenal Benny juga semakin mematahkan anggapan Benny anti Islam. Salah satunya adalah Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur). "Sebagian teman menyatakan bahwa Benny adalah musuh Islam yang sesungguhnya, tapi kesimpulan itu salah. Justru Benny adalah orang yang melaksanakan pola hubungan negara dengan agama yang seharusnya."

Pendapat Gus Dur ini diperkuat sebuah fakta yang berkaitan dengan agama Benny, yaitu Katolik. Pada 1975, Soeharto menunjuk Benny memimpin Operasi Seroja ke Timor Timur. Mayoritas penduduk di sana beragama Katolik. Namun, Benny bekerja dengan profesional. Atas nama pemerintah dan negara, dia melaksanakan tugasnya dengan baik di sana. Sebagian orang menyebutnya, "Meski sama-sama Katolik, Pak Benny tetap menghajarnya."

Mantan wartawan yang menjadi Pengamat Militer Salim Said dalam buku "Dari Gestapu Ke Reformasi" menceritakan bahwa Benny mengawal Soeharto dan keluarga ibadah umrah ke Arab Saudi. Benny sampai masuk ke kawasan Kakbah. Dia kagum dengan Masjidil Haram dan menganjurkan para anak buahnya yang muslim untuk menyempatkan diri berziarah (umrah atau haji) ke sana. Minimal sekali semur hidupnya. Dalam buku yang sama, Salim juga menceritakan bagaimana sang jenderal membantah langsung tuduhan anti Islam.

"Kok saya yang dituduh anti Islam, Soeharto itu yang anti Islam," kata Benny. Tuduhan anti Islam juga dibantah Benny Moerdani dalam berbagai kesempatan, termasuk ketika berkunjung ke sejumlah pondok pesantren. Salah satunya di hadapan para kiai Ponpes Lirboyo, Kediri Jawa Timur. "Saya ingin menegaskan, umat Islam Indonesia tidak dipojokkan. Dan tidak akan pernah dipojokkan," tegasnya. Sebuah fakta yang baru sedikit orang mengetahuinya adalah saat-saat akhir hidup Benny Moerdaní. Di tahun 80-an, Benny mengajak sahabatnya Adnan Ganto ziarah ke makam orang tua Benny di Solo, Jawa Tengah.

Adnan Ganto merupakan penasihat ekonomi Jenderal Benny Moerdani saat menjadi Menteri Pertahanan. Berdarah Aceh, Adnan adalah seorang muslim yang taat. Di hadapan pusara ibunya, Benny berpesan agar ketika meninggal dunia kelak diperlakukan seperti orang Islam. Pengurusan jenazahnya seperti seorang muslim, dikafankan dan dimandikan secara Islam. Mantan Penglima TNI Laksamana (Purn) Widodo AS mengonfirmasi hal tersebut. Widodo termasuk orang pertama yang datang ke rumah sakit ketika Benny mengembuskan napas terakhirnya.

Widodo mengungkapkan Benny dimandikan dan dikafani layaknya jenazah seorang muslim, sesuai pesan yang disampaikan kepada Adnan Ganto. Dalam buku biografi Adnan Ganto yang terbit 2017 lalu, diceritakan bahwa setelah mendapatkan pesan dari Benny, Adnan bertandang ke rumah Benny di Simprug, Jakarta Selatan sebulan kemudian. Adnan dan istrinya Agustina, tak mau jika pesan tersebut hanya didengarnya sendiri. Adnan meminta izin untuk menyampaikan pesan Benny saat ziarah ke Hartini.

Adnan lalu menyampaikan pesan Benny yang minta dimakamkan secara Islam kepada Hartini. "Kalau memang itu yang dipesankan, ya silakan dilaksanakan," jawab Hartini merespons permintaan Benny kepada Adnan. Benny juga memberikan pesan tambahan kepada Adnan dan istrinya. “Kalau saya dikafani secara Islam, kamu baca Yasin. Kalau Tina ada, dia baca syahadat 25 kali,” pesan Benny.

Pada sebuah kesempatan, Widodo AS pernah menuturkan bahwa Benny Moerdani memang benar tertarik memeluk agama Islam. Akan tetapi, Benny sama sekali tidak mau keislamannya karena menginginkan sebuah jabatan. Ucapan mantan panglima TNI itu dikuatkan sebuah fakta. Kiai Yusuf Hasyim dari Tebuireng Jombang pernah menyarankan Benny untuk masuk Islam saja biar bisa menjadi presiden atau wakil presiden. Apa jawaban Benny? "Apakah masyarakat masih akan percaya seorang yang menjadi Islam hanya karena ingin sebuah jabatan?" Wartawan Senior Fikri Jufri juga pernah melontarkan pernyataan kepada Benny, untuk pindah agama agar kiprahnya di Indonesia makin cemerlang.

Jawaban Benny sangat tegas. "Meninggalkan keyakinan saya hanya untuk sebuah jabatan? Never!" Fakta yang diungkapkan oleh Adnan Ganto dan Laksamana (Purn) Widodo AS kemudian memunculkan kontroversi. Pertanyaan muncul, apakah Benny sudah memeluk agama Islam sebelum wafat? Ada yang meyakini Benny sudah menjadi Islam, namun ada juga yang tetap yakin Benny masih Katolik.

Faktanya, ketika meninggal dunia Benny diiringi Yasin dan kalimat syahadat serta dikafani. Adnan dan istrinya membacakan sendiri Yasin dan syahadat di kamar Benny dirawat di RSPAD. Adnan dan istrinya terus membacakan syahadat di telinga Benny hingga akhirnya Benny meninggal. Dia juga dikafani dan dimandikan secara Islam. Namun, sebelum dimakamkan kain kafan yang sudah membalut tubuh Benny dilepas, diganti dengan pakaian dinas militer. Jenazahnya dimasukkan ke peti. Dia dimakamkan di TMP Kalibata secara Katolik. Hingga akhir hayat Benny, KTP-nya pun masih tertulis beragama Katolik. 

Di balik kontroversi dan misterinya, namun jasanya terhadap bangsa Indonesia sangatlah besar. Tak penting apa pun agamanya.
iNews Malang

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut